Taman Bunga Matahari Dewari – Tempat-tempat wisata dengan spot-spot foto yang menarik dan instagramable kini banyak digandrungi terutama kalangan anak muda. Jalan-jalan atau travelling seolah sudah menjadi new lifestyle bagi kebanyakan orang dan banyak wisatawan yang ingin menunjukkan eksistensinya di media sosial. Tak heran jika saat ini mulai bermunculan tempat-tempat wisata baru yang mendadak viral dan hits sehingga banyak dikunjungi wisatawan.

Salah satu tempat menarik yang banyak dikunjungi adalah taman bunga karena jika dijadikan sebagai latar foto maka hasil jepretan akan terlihat lebih cantik dengan background bunga yang berwarna-warni. Para wisatawan yang sedang berlibur ke Jogja mungkin bisa mencoba hunting foto di Taman Bunga Matahari Dewari yang tergolong masih baru karena baru dibuka awal 2018 lalu. Keelokan warna cerah kuningnya matahari menjadi daya tarik yang begitu memikat bagi para pengunjung. Jika Anda ingin ke lokasi tempat wisata ini, anda bisa rental mobil jogja dengan sopir atau lepas kunci.

Keelokan Bunga Matahari di Taman Dewari

Taman Matahari Dewari

Taman Dewari yang sedang hangat diperbincangkan ini menyuguhkan keindahan bunga matahari yang sangat mempesona dengan warna kuning cerahnya. Melihat satu atau beberapa tanaman bunga matahari di depan pekarangan rumah mungkin terbilang biasa. Namun, berbeda jika 8.000 pohon matahari mekar secara bersamaan di atas lahan yang sangat luas sekitar 2.800 meter persegi.

Suasana yang sangat asri dan nyaman serta jauh dari kebisingan dapat serta merta dirasakan secara langsung oleh para pengunjung. Tentu tempat liburan yang seperti ini sangat cocok untuk refreshing dan menyegarkan mata melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Tak jarang lokasi Taman Dewari ini juga sering dijadikan tempat untuk foto prewedding dan hunting foto para fotografer.

Berfoto di tengah-tengah mekarnya bunga matahari yang berwarna cerah kekuningan ini dijamin akan membuat tampilan foto di media sosialmu semakin menarik. Bahkan para pengunjung diizinkan untuk membawa pulang bunga matahari dengan cukup membayar Rp 25.000,00. Bibit-bibit bunga matahari pun dijual secara bebas di sini dan dapat dijadikan sebagai buah tangan untuk nantinya ditanam di halaman rumah sendiri.

Awal Mula Terbentuknya Bunga Matahari di Taman Dewari

Latar belakang ditanamnya bunga matahari hingga menjadi sebuah taman dengan spot selfie yang sangat menarik ini memiliki cerita yang cukup unik. Seorang pegawai BUMN di Yogyakarta yang bernama Beta menanam 8000 bibit pohon pada bulan November 2017 lalu karena kesukaannya mencari spot foto selfie. Kemudian lahan yang ditanami pohon matahari tersebut diberi nama Taman Dewari yang diambil dari nama anak semata wayangnya ketika bunganya sudah mekar dan dibuka untuk umum.

Selain karena keinginannya membuat destinasi hits dengan spot foto yang menarik, Beta juga memiliki motivasi lain yaitu harapan untuk mengembangkan potensi destinasi wisata baru di Magelang. Bahkan, taman bunga yang dibuatnya tersebut kini telah memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya.

Baca Juga, D’Walik

Keindahan dan keelokan tanaman bunga matahari yang disulap dalam sebuah taman ini tentu menjadi kebanggaan kita sekaligus menjadi tanggung jawab untuk tetap merawat dan tidak merusaknya. Bagi para pengunjung yang ketahuan merusak tanaman, maka akan dimintai denda pertanggungjawaban sebesar Rp 40.000,00.

Rute dan Harga Tiket Masuk

Taman Bunga Matahari Dewari berlokasi di Kradenan Kalikuning, Baturetno, Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokas taman dewari hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari Taman Wisata Candi Borobudur. Tempat ini bisa menjadi alternatif pilihan lain berlibur ketika sedang berada di kawasan Candi Borobudur.

Taman bunga matahari ini juga cukup ramai dikunjungi 700 – 800 pengunjung setiap harinya bahkan ada yang datang bersama rombongan dengan menggunakan jasa sewa bus. Apalagi jika hari libur atau weekend tiba mungkin akan cukup sulit untuk mendapatkan spot foto yang tidak banyak ramai orang lalu-lalang.

Paket wisata jogja ke Taman Dewari ini juga bisa dimasukkan ke dalam rangkaian wisata Candi Borobudur sekaligus oleh agen-agen wisata yang tersebar di Jogja. Apalagi untuk memasuki kawasan wisata Taman Dewari ini terbilang sangat murah. Harga tiket masuk hanya dipatok sebesar Rp 5.000,00 dan biaya parkir sebesar Rp 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil.