Rate this post

Tempat-tempat wisata yang memiliki spot foto menarik seringkali menjadi incaran para wisatawan, salah satunya adalah Taman Bunga Matahari Samas. Munculnya tempat wisata ini seolah mengikuti tren booming-nya bunga amarilis yang ada di Pathuk Gunungkidul. Meskipun taman bunga matahari sejenis ini sudah banyak, berbeda dengan yang ada di Samas ini karena area tamannya lebih luas dibanding yang lain.

Taman bunga yang ditanaman ribuan bunga matahari ini menjadi incaran destinasi baru terutama bagi generasi milenial atau wisatawan yang hobi hunting foto. Tempat ini pun bisa menjadi salah satu destinasi paket wisata 1 hari ke jogja bersama Pantai Samas karena lokasinya sangat berdekatan. Cerahnya warna kuning bunga matahari di taman ini seolah mewarnai kawasan pantai yang memiliki hamparan pasir hitam yang luas.

Sekilas Tentang Awal Mula Terbentuknya Taman Bunga Matahari Samas

Taman Bunga Matahari Samas

Taman bunga matahari ini awalnya dibuat tanpa sengaja di atas lahan yang dimiliki seorang petani bernama Etik Purwanti. Bunga matahari yang dia tanam awalnya hanyalah untuk melindungi tanaman cabai di ladangnya yang sering rusak karena terpaan angin pantai. Sehingga banyak sekali bunga cabai yang ditanam akhirnya menjadi rontok dan rusak.

Jerih payahnya menanam bibit bunga matahari tersebut ternyata membuahkan hasil dan terbukti banyak sekali wisatawan yang datang ke taman ini. Hal itu tidak terlepas dari peran media sosial yang memviralkan tempat wisata ini. Berfoto di antara bunga-bunga matahari yang berwarna kuning cerah menjadi spot foto yang sangat instagramable yang dapat mempercantik feed instagram.

Baca artikel lainnya: Tebing Gunung Gajah

Untuk menanam bunga matahari yang mengelilingi lahan cabai ini, petani menggunakan pompa air untuk menyirami kebun agar bunganya tetap mekar. Proses penyiramannya pun bisa dengan menggunakan sprinkler (semprotan yang memutar) atau menggunakan selang yang dikucurkan dengan tangan. Namun, ada salah satu cara yang lebih efektif yaitu dengan menggunakan selang hitam dengan lubang mikro agar lebih efektif dan efisien.

Panorama Keindahan Taman Bunga Matahari Samas

Barisan bunga matahari yang memenuhi luasnya area taman yang terbentang di dekat Pantai Samas ini terlihat indah dan sangat mempesona. Tak heran banyak sekali pengunjung yang datang ke tempat wisata ini ketika akhir pekan maupun hari libur tiba. Ternyata di balik keindahannya, taman bunga matahari ini menyimpan cerita yang cukup unik.

Panorama keindahan bunga matahari di atas lahan dengan luas 1000 meter persegi dengan beratapkan langit yang berwarna biru cerah menjadi daya tarik utamanya. Suasana tampak begitu cerah dan ceria ketika sampai di tempat wisata ini. Sehingga berburu spot foto yang menarik dan instagramable menjadi aktivitas utama yang dilakukan para wisatawan yang datang.

Rute dan Lokasi Taman Bunga Matahari Samas

Taman Bunga Matahari Samas ini berlokasi di Desa Srigading, Sanden, Bantul, Yogyakarta, dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Lokasi ini sangat mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan tepatnya di Jalur Lintas Selatan yang satu arah dengan Pantai Samas. Akses jalannya pun sudah sangat baik dengan jalanan yang beraspal sehingga bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini bisa dengan melewati rute dari pusat Kota Jogja – lurus ke arah Jalan Bantul – lurus melewati Bantul Kota dan ke arah Jalan Samas – lurus ikuti rute ke Jalan Samas hingga sampai di pos retribusi atau TPR – lurus terus hingga menemukan persimpangan jalur lintas selatan – ambil arah barat ke kanan – Taman Bunga Matahari Pantai Samas pun sudah terlihat dari jauh sekitar 500 meter dari persimpangan.

Ladang Bunga Matahari Bantul

Harga Tiket Masuk

Tidak perlu merogoh kocek yang mahal untuk bisa menikmati keindahan warna-warni bunga matahari di taman ini. Para pengunjung hanya akan dikenakan tarif biaya masuk sebesar Rp 5.000,00 per orang ditambah biaya parkir motor Rp 2.000,00 per orang. Sebagai biaya tambahan, pengunjung hanya cuku mengeluarkan Rp 10.000,00 jika ingin membawa pulang satu bunga matahari.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 5.000,00
Parkir Motor Rp 2.000,00
Beli Bunga Matahari Rp 10.000,00

Jangan pergi dulu sebelum baca: Hutan Pinus Mangunan

Bagi wisatawan yang ingin datang ke sini sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar lebih leluasa untuk mengunjungi wisata di sekitarnya. Para wisatawan yang datang dari luar kota bisa memanfaatkan jasa sewa mobil atau rental motor matic jogja yang ditawarkan agen-agen perjalanan. Agar kelestarian Taman Bunga Matahari Samas ini tetap terjaga, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak memetik bunga sembarangan.