Beri peringkat untuk posting ini

Wisata di Yogyakarta seolah tidak ada habis-habisnya. Sebagai  daerah istimewa di Indonesia dimana masih menerapkan sistem kerajaan dalam pewarisan kekuasaan gubernur Jogja, provinsi kecil ini mengandung beragam pilihan wisata baik yang kekinian dan klasik. Salah satu wisata kekinian yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Yogyakarta adalah Taman Pelangi Monjali.

Taman Pelangi Monjali merupakan tempat wisata populer dan romantis di daerah Sleman, Yogyakarta. Taman ini juga dikenal dengan nama Taman Lampion Monumen Jogja Kembali yang tidak seperti kebanyakan tempat wisata yang tutup pada sore hari, taman ini justru buka dari sore hingga malam hari. Anda dapat mengajak teman, rombongan, maupun keluarga untuk berwisata malam hari setelah lelah bekerja seharian di tempat ini. Anda dapat menikmati keindahan lampu-lampu lampion sambil makan cemilan dan minum minuman hangat di sekeliling lampion.

Monumen Bersejarah Jogja Kembali

Pada awalnya wahana permainan Taman Pelangi Monjali Jogja dibuka untuk memperingati acara-acara besar tertentu. Namun lama-kelamaan karena melihat semakin banyaknya pengunjung yang datang maka pengelola pun akhirnya memutuskan untuk membuka Taman Pelangi ini secara permanen setiap hari dan diresmikan pada tanggal 17 Desember 2011.

Ukuran lampion dan karakter yang dipamerkan di taman ini sangat beragam. Anda dapat menemukan lampion berbentuk binatang seperti harimau, kelinci, naga yang seukuran hampir serupa manusia. Ada juga ikon kota Yogyakarta yang sangat terkenal dipamerkan di taman ini yaitu Tugu Jogja.

Baca juga: Jembatan Gondolayu Jogja, Nongkrong Pinggir Jalan? No Problem

Tidak hanya ikon kota Yogyakarta, ada juga lampion berbentuk replika tujuh keajaiban dunia seperti Candi Borobudur dan tembok besar China. Bahkan terdapat lampion wajah tokoh nasional dan tokoh kartun terkenal. Tidak salah memang jika taman pelangi Monjali ini juga dikenal sebagai wisata lampion atau istana lampion.

Lokasi Taman Pelangi

Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali (Monjali) berlokasi di pelataran Museum Monjali di Dusun Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Akses menuju taman ini cukup mudah karena berada di samping jalan besar. Anda dapat menuju kawasan ini menggunakan kendaraan umum seperti Trans Jogja maupun kendaraan pribadi. Namun Anda tidak bisa menggunakan Trans Jogja pada malam hari karena sudah tidak beroperasi. Anda dapat mencapai kawasan ini dari Tugu Jogja ke arah utara sampai perempatan ringroad Monjali.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Taman Pelangi, Wisata Malam Hari yang Unik di Yogyakarta

Harga tiket masuk Taman Pelangi Monjali berbeda untuk hari kerja dengan akhir pekan. Pada hari Senin sampai Kamis harga tiket masuk yaitu sebesar Rp 15.000 per orang. Sementara pada hari Jumat sampai Minggu maupun hari libur pada tanggal merah harga tiket masuk adalah sebesar Rp 20.000 per orang. Jika Anda pergi berombongan lebih dari 30 orang, harga tiketnya akan lebih murah menjadi 80%.

Jam buka taman ini umumnya dari sore hingga malam hari. Pada hari Senin sampai Kamis, taman ini dibuka dari pukul 5 sore hingga pukul 10 malam. Sementara untuk akhir pekan dari hari Jumat sampai Sabtu, taman ini dibuka dari pukul 5 sore hingga pukul 11 malam. Sementara untuk hari Ahad, wahana ini dibuka dari pagi hingga malam hari.

Baca juga, Gereja Sayidan Yogyakarta, Wisata Artistik Eropa Klasik Eropa Klasik

Fasilitas  yang Ada di Taman Pelangi

  1. Tempat Parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi baik motor maupun mobil dan ingin diparkir di sekitar area taman, maka telah disediakan tempat parkiran di sekeliling Monumen Jogja Kembali. Ongkos parkirnya sebesar Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil. Ongkos parkir akan dibayarkan di pintu keluar bagian timur.

  1. Toilet

Pengelola sudah menyediakan banyak toilet umum di sekitar taman pelangi. Terdapat papan petunjuk arah juga sehingga memudahkan Anda mencari toilet.

  1. Tempat Makan dan Minum

Jika lapar, Anda tinggal mencari lapak pedagang makanan dan minuman yang banyak tersebar di area taman terutama bagian selatan. Di bagian ini terdapat berbagai macam permainan sehingga Anda dapat langsung beristirahat makan dan minum setelah lelah bermain. Kuliner yang ditawarkan beragam seperti sate, bakso, dan cemilan seperti jagung dan sosis bakar.

Selalu ingat untuk mengawasi barang bawaan Anda ketika berwisata. Terutama jika Anda berada di kawasan wisata yang cukup ramai. Barang-barang yang sering terlupa seperti smartphone, tas dan dompet sebaiknya terus diingat kapan terakhir menyimpannya. Apabila membawa anak, terus awasi anak Anda, jangan sampai terpisah dari pengawasan.

Baca juga, Plengkung Wijilan, Gerbang Surga Malam Hari Kota Jogja

Taman Pelangi Monjali merupakan pilihan wisata bersama teman dan keluarga yang dapat Anda pilih untuk melepas lelah setelah seharian bekerja. Wisata ini sangat sesuai untuk Anda yang harus bekerja di kantor di pagi hingga siang hari dan baru luang di sore dan malam hari. Tunggu apalagi, segera rencanakan waktu liburan Anda untuk menyusuri keunikan lampion di taman lampion ini.

Selain Taman Pelangi Monjali, masih banyak lagi wisata menarik yang harus Anda kunjungi. Agar lebih praktis dan mudah mengunjungi wisata tersebut, Anda bisa membeli paket wisata yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan durasi liburan Anda di Yogyakarta.