Beri peringkat untuk posting ini

Yogyakarta, kota dengan sejuta pesona ini pasti sudah tidak asing lagi untuk Anda. Memiliki banyak wisata untuk di pamerkan, sepertinya sangat sayang jika kita tidak mengunjungi salah satu wisata yang berada di sini. Bagi Anda yang membawa buah hati, wisata dengan tema pendidikan pasti yang paling dicari.

Salah satu wisata pendidikan yang menarik di kota Gudeg untuk dikunjungi adalah Taman Pintar Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata ini. Berikut ulasan mengenai Taman Pintar selengkapnya.

Sekilas Deskripsi Mengenai Taman Pintar

Pengunjung-Taman-Pintar

Taman Pintar adalah wahana belajar dan bermain anak. Wisata ini sengaja disediakan oleh pemerintah Yogyakarta agar sarana pembelajaran terutama bidang sains menjadi semakin banyak. Selain itu didirikannya Taman Pintar juga sebagai pendukung kurikulum pendidikan dan generasi muda menjadi semakin menyukai sains.

Baca juga, Taman Sari Yogyakarta, Tempat Wisata Murah di Kota Budaya

Berbagai macam wahana permainan ditawarkan oleh Taman Pintar Yogyakarta. Berbagai wahana permainan ini bukan hanya mendidik, namun membuat buah hati menjadi gembira. Anak-anak yang cocok mengunjungi Taman Pintar bukan hanya mereka yang sudah bersekolah. Namun mereka yang belum bersekolah sampai anak dengan usia sekolah menengah dapat memperdalam pendidikan sains di sini. Sehingga, bisa dikatakan jika wisata pendidikan ini merupakan sebuah laboratorium yang dikemas dalam bentuk tempat rekreasi.

Dulunya, bangunan wisata ini adalah bekas pusat perbelanjaan. Setelah dilakukan relokasi pada tahun 2004 secara bertahap, pada tahun 2008 Taman Pintar resmi dibuka. Pembukaan Taman Pintar dilakukan oleh Presiden RI pada saat itu yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Sebenarnya, target utama dibangunnya wisata pendidikan ini adalah sebagai pendukung program belajar anak sejak dini, serta mengasah kreativitas yang dimilikinya.

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta

Berlokasi di Jl Panembahan Senopati 1 – 3 Yogyakarta. Taman Pintar tepat berada di depan Bank Indonesia. Kurang lebih 200 meter jika Anda berjalan dari perempatan Malioboro. Untuk menuju Taman Pintar, rute jalan yang harus dilalui sangat mudah. Bila Anda dari pusat kota, Anda hanya perlu berjalan kaki ke sebelah timur di Jalan KH Ahmad Dahlan, ke Jalan Pangurakan. Dari pusat kota, jalan yang harus ditempuh sekitar 500 meter.

Berbagai moda transportasi dapat dipilih untuk menjangkau wisata Taman Pintar ini seperti menggunakan bus transjogja, taksi, bus umum, becak, hingga andong. Namun, jika ingin lebih praktis, Anda bisa menyewa mobil di jasa sewa mobil sekitar Yogyakarta.

Baca juga, Pasar Beringharjo, Wisata Belanja Paling Lengkap di Yogyakarta

Berbagai Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Taman Pintar

Pengunjung-Taman-Pintar-Jogja

Pada dasarnya, Taman Pintar memiliki 3 gedung utama dengan berbagai macam wahana. Berikut berbagai macam wahana di Taman Pintar, antara lain:

  • Gedung Kotak

Di gedung ini terbagi menjadi berbagai zona seperti zona koleksi keris, zona Candi Borobudur, zona air untuk kehidupan, zona batik, zona planning city, zona pengolahan minyak dan bumi, zona peraga turbulensi, zona teknologi otomotif hingga zona pengolahan susu.

  • Gedung Oval

Sedangkan, dalam gedung ini terdapat beberapa zona seperti zona teknologi komunikasi, ICT melihat bumi, kreasi sains, aquarium air tawar, zona argo, zona kehidupan purba, dan masih banyak lagi.

  • Gedung Memorabilia

Seperti nama yang dimiliki, gedung ini memiliki wahana yang berhubungan dengan sejarah seperti tokoh pendidikan serta kepustakaan kepresidenan, hingga sejarah Kasultanan Kraton.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk harga, biaya yang harus Anda keluarkan untuk memasuki Taman Pintar Yogyakarta sebesar Rp 10 ribuan untuk anak-anak, sedangkan untuk orang dewasa Rp 18 ribuan. Harga ini tidak termasuk tiket menikmati berbagai permainan di dalamnya. Wisata ini dibuka dari hari Selasa hingga Minggu. Jam buka Taman Pintar mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore.

Baca juga, Situs Warungboto, Wisata Sejarah dengan Gaya Arsitektur Unik

Meskipun sudah membayar biaya tiket masuk, jika Anda ingin menikmati wahana lain, Anda harus membayar tiket. Contohnya untuk teather 3D, pelajar memiliki harga Rp 15 ribuan, dan umum Rp 20 ribuan. Sedangkan di bagian kreativitas, untuk kreasi batik Anda harus membayar Rp 5 ribuan. Program kreativitas lain seperti hand on science Rp 5 ribuan sedangkan untuk lukis gerabah Rp 10 ribuan.

Semoga berbagai macam informasi di atas bermanfaat untuk Anda, jadi segera rencanakan liburan Anda bersama dengan keluarga sekarang juga.