Jika kalian sedang browsing untuk mencari tempat-tempat wisata di Jogja, jangan kaget jika melihat tempat-tempat wisata baru dan hits bermunculan. Berkembang pesatnya peran media sosial dalam menyebarkan informasi tentang tempat wisata mendorong munculnya tempat-tempat wisata baru dengan spot foto menarik dan instagramable. Taman menjadi salah satu tempat wisata yang mulai bermunculan dan menjadi viral dengan ciri khas tanaman masing-masing.

Taman Ramadanu Magelang menjadi salah satu objek wisata baru dengan konsep taman bunga dan dilengkapi dengan spot-spot foto yang instagramable. Meskipun tergolong masih sangat baru karena dibuka pada bulan Juni 2018, tempat wisata ini sudah sangat ramai dikunjungi para wisatawan. Para wisatawan yang datang kebanyakan ingin berburu atau hunting foto-foto yang menarik sekaligus untuk refreshing.

Keindahan yang Disajikan di Taman Ramadanu Magelang

Taman Ramandanu Magelang

Selain menyuguhkan berbagai macam jenis bunga dengan keindahan warna-warninya yang khas sebagai objek utamanya, tempat wisata ini juga menghadirkan miniatur rumah baling-baling. Jenis tanaman yang ditanam di taman ini di antaranya adalah bunga zinna dan bunga celosia yang warnanya ditata rapi sehingga menjadi suatu harmoni perpaduan yang sempurna.

Baca Juga, Museum Vredeburg

Para wisatawan yang datang berkunjung dapat menikmati sejuknya udara di sini sambil menikmati pemandangan persawahan yang mengitari taman ini. Taman bunga ini disusun sangat apik sehingga tak heran jika menjadi primadona dan banyak berseliweran foto-foto tempat wisata ini di media sosial. Begitu memasuki kawasan wisata ini, para pengunjung akan merasakan suasana seperti berada di Negara Belanda yang khas dengan kincir anginnya.

Ketika berada di pintu masuk, para wisatawan akan disambut dengan saluran irigasi yang airnya sangat jernih dan terdapat ratusan ikan koi yang berwarna-warni di saluran tersebut. Tentu ini menambah daya tarik dan keasrian tempat wisata ini semakin terasa. Padahal sebelumnya tempat ini merupakan bekas lahan persawahan yang kurang terawat dengan saluran irigasinya yang kumuh.

Spot Foto Menarik di Taman Ramadanu Magelang

Sebagai tempat wisata kekinian dan hits yang banyak digemari para wisatawan, Taman Ramadanu tentu menyediakan spot-spot foto menarik yang instagramable. Berikut ini spot-spot foto yang wajib dicoba jika berada di tempat wisata ini:

  • Landmark kincir angin Belanda
  • Di tengah hamparan bunga celosia yang berwarna-warni
  • Sign board Taman Ramadanu
  • Gazebo yang unik dan epik
  • Pernak-pernik payung warna-warni di atas taman

Fasilitas yang Tersedia di Taman Ramadanu Magelang

Meskipun tergolong masih baru dan hanya dikelola oleh masyarakat sekitar, tempat wisata ini sudah didukung dengan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai seperti berikut ini:

  • Spot foto menarik
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Tempat parkir

Rute dan Lokasi

Lokasi tempat wisata Taman Ramandanu ini berada di Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Lokasi ini tidak jauh dari playground Taman Edukasi Donorejo dan jalan Ngluwar dan jika bingung mencari lokasinya para wisatawan bisa memanfaatkan teknologi google maps untuk bisa sampai ke lokasi ini.

Jika datang bersama rombongan lebih baik memanfaatkan jasa sewa bus jogja yang ditawarkan agen-agen wisata berikut sopirnya. Sehingga resiko kesasar dan bingung arah pun tidak akan terjadi selama perjalanan.

Harga Tiket Masuk

Berlibur ke Taman Ramadanu Magelang terbilang masih sangat murah sehingga sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga dan anak-anak menghabiskan akhir pekan. Pengunjung yang datang hanya dikenakan tarif biaya sebesar Rp 5.000,00 saja per orang. Hanya ada biaya tambahan parkir dengan tarif Rp 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil.

Salah satu hal menarik dari Taman Ramadanu adalah bahwa taman ini merupakan inisiatif dari karang taruna Dusun Danurejo. Pengelolaan keuangannya pun sangat rapi dengan pembagian 75% keuntungan untuk masyarakat setempat, 20% untuk kas dusun, dan 5% disumbangkan ke panti asuhan.

Baca Juga, Kids Fun Yogyakarta

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini bisa berkunjung setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB. Berbagai paket wisata jogja 1 hari yang mengambil tempat wisata ini sebagai salah satu destinasi tujuannya bisa dimanfaatkan agar perjalanan lebih efektif dan efisien. Panorama keindahan yang disuguhkan di tempat wisata ini tentu menjadi tanggung jawab bersama untuk dijaga dan dirawat kebersihan serta kelestariannya.