Masing-masing kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah berbenah, sehingga kemudian muncul berbagai nama objek wisata seperti yang ada sekarang ini. Dari sekian banyak objek wisata Yogyakarta tersebut, beberapa diantaranya ada di Kabupaten Kulonprogo.

Kabupaten satu ini telah mengenalkan sejumlah objek wisata yang terbukti berhasil memukau wisatawan, sebut saja dua diantaranya ialah Waduk Sermo dan Kalibiru. Namun, tahun 2017 yang lalu Kulonprogo kembali memperkenalkan destinasi wisata yang diberi nama Tebing Gunung Gajah.

Daya Tarik Tebing Gunung Gajah yang Hits Dikalangan Wisatawan

Tebing Gunung Gajah berada di ketinggian sekitar 900 mdpl. Luasnya sendiri hanya sekitar 2 hektar. Meskipun masih terkategori sebagai objek wisata baru, namun harus diakui bahwa objek wisata ini cukup istimewa karena mempunyai daya tarik tersendiri. Diantara daya tarik yang dimaksud ialah sebagai berikut.

Daya Tarik Tebing Gunung Gajah

Spot Foto yang Beragam

Sama seperti berbagai objek wisata lain yang ada di Yogyakarta, objek wisata Kulonprogo satu ini juga menawarkan sejumlah spot foto. Spot foto yang ada di sana beragam, dan salah satunya yang paling terkenal ialah spot foto bulan sabit.

Kunjungi juga: Bukit Mojo Gumelem

Posisinya ada di ketinggian dan menyajikan pemandangan hijau Perbukitan Menoreh, lengkap dengan Waduk Sermo yang berada di tengah-tengahnya. Selain spot foto bulan sabit, ada juga spot foto sky bar, top bunga serta gembok cinta.

Wahana Outbond

Selain dilengkapi dengan beberapa spot foto dengan tema tertentu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan wahana permainan outbond. Diantara wahana tersebut ialah flying fox dan treetop.

Treetop ini sendiri adalah wahana yang berbentuk lintasan dan menghubungkan antara pohon yang satu dengan pohon yang lainnya. Lintasan ini terdiri atas tali dan papan kayu. Jumlahnya ada 10 dengan kemiringan sekitar 45 derajat sampai 60 derajat. Cocok untuk Anda yang suka menantang adrenalin.

Soal keselamatan, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Pasalnay, perlengkapan wahana ini sangat memadai dan dalam prosesnya didampingi oleh instruktur yang terlatih.

Udaranya Sangat Sejuk dan Dingin

Sebagaimana objek wisata yang berada di ketinggian, udara di tempat ini juga sangat sejuk, meskipun cenderung dingin. Udara yang sejuk ini ditambah dengan pemandangan alam sekitar yang begitu indah merupakan perpaduan yang pas untuk menenangkan pikiran yang penat.

Wisata Alam Susur Gua

Tebing Gunung Gajah juga sangat memungkinkan pengunjungnya untuk melakukan susur gua. Mengenai aktifitas satu ini, Anda dapat menggunakan jasa pemandu yang memang sudah disediakan di sana.

Lokasi Tebing Gunung Gajah Kulonprogo

Tebing Gunung Gajah ada di Dusun Tegaring II, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Sebenarnya, objek wisata satu ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kulonprogo itu sendiri dengan dengan Kabupaten Purworejo di Jawa Tengah.

Wisata Gunung Gajah juga berada di jalur wisata Borobudur, sehingga untuk menemukannya tidak begitu susah. Namun, jika Anda belum paham dengan rutenya, Anda dapat menggunakan Google Maps dan mengikuti papan petunjuk yang ada.

Baiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi saja untuk menuju ke sana. Jika tidak, harap sewa motor vario di jogja dulu sebelumnya, supaya Anda bisa lebih mudah menuju lokasi. Kalau ternyata Anda pergi bersama rombongan, Anda bisa memilih menyewa mobil.

Fasilitas di Tebing Gunung Gajah

Selain dilengkapi dengan sejumlah spot foto dan berbagai wahana permainan, Tebing Gunung Gajah ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, yang beberapa diantaranya seperti berikut ini.

  • Area parkir yang luas
  • Tempat ibadah
  • Kafetaria
  • Toilet
  • Akses wifi gratis
  • Tempat isi ulang baterai gratis
  • Jasa foto

Harga Tiket Tebing Gunung Gajah

Wisatawan Tebing Gunung Gajah

Jika ingin menikmati keindahan dan fasilitas atau wahana yang ada di tempat wisata ini, maka Anda harus membayar terlebih dahulu. Adapun estimasi biaya yang harus Anda bayarkan ialah seperti berikut.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,00
Tiket Wahana TreetopRp 50.000,00
Susur GuaRp 25.000,00
Flying FoxRp 15.000,00
Parkir MotorRp 2.000,00
Parkir MobilRp 5.000,00

Sebelum pergi baca dulu: Puncak Suroloyo

Perlu diketahui bahwasanya informasi harga di atas dapat berubah kapan saja, menyesuaikan dengan kebijakan pihak pengelola. Pun demikian, mengingat objek wisata Tebing Gunung Gajah ini begitu istimewa dengan konsep tematiknya, rasanya sayang jika sampai tidak dikunjungi bila Anda sedang liburan di Kabupaten Kulonprogo bukan?