Kota Jogja memang dikenal dengan banyak sebutan seperti kota pelajar, kota pariwisata, dan juga kota budaya. Julukan ini bukan tanpa alasan karena apa yang disuguhkan di kota ini berkaitan dengan julukan tersebut termasuk Kota Jogja sebagai kota budaya. Para wisatawan akan disuguhkan berbagai tempat-tempat wisata yang menarik dan sarat akan nilai budaya.

Tembi Rumah Budaya merupakan salah satu museum budaya yang pamornya tidak hanya dikenal di tingkat nasional dan bahkan sudah sampai di tingkat internasional. Tempat ini merupakan sebuah museum yang menyimpan berbagai informasi penting tentang sejarah dan budaya Jawa. Banyak sekali nilai sejarah, nilai budaya, dan koleksi-koleksinya yang sangat berharga sebagai aset budaya Jawa di sini.

Sejarah dan Keunikan Tembi Rumah Budaya

Tembi Rumah Budaya Bantul

Tembi Rumah Budaya juga salah satu tempat yang bersejarah yang berada di Desa Tembi yang merupakan salah satu tempat abdi dalem pada masa dahulu. Mereka bertugas untuk menyusui anak-anak. Pengunjung akan merasakan suasana yang sejuk dan asri ketika memasuki Museum Tembi yang dibangun di atas tanah dengan luas 3.500 meter persegi ini.

Baca Juga, Lava Bantal Berbah

Sedangkan Desa Tembi sendiri telah diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 31 Agustus 2007 sebagai kawasan ampung kerajinan GMT (Gabusan – Manding – Tembi). Rumah Tembi  pun sering dijadikan pusat acara-acara budaya seperti pameran seni rupa, panggung musik baik lokal dan internasional, pentas tari, dan seni pembacaan puisi.

Tempat ini menjadi saksi lahirnya karya kreatif yang berbasis masyarakat lokal dan bersifat nirlaba karena tidak dibiayai oleh lembaga mana pun. Sehingga pemasukan dari Rumah Budaya Tembi ini berasal dari fasilitas-fasilitas yang tersedia dan acara pertunjukan.

Koleksi Museum Tembi

Sebagai sebuah museum, Tembi Rumah Budaya menyimpan berbagai koleksi yang sangat variatif yang bernilai sejarah dan budaya. Beberapa koleksi unik dan menarik yang masih tersimpan di sini, di antaranya adalah:

  • Peralatan dapur tradisional
  • Senjata tradisional seperti keris dan tombak
  • Peralatan bertani tradisional
  • Alat-alat gamelan
  • Koleksi batik
  • Foto-foto dan poster jaman dahulu
  • Sepeda motor antik jaman dahulu
  • Radio kuno bermerek Siegfried buatan Jerman pada tahun 1960-an
  • Piano kuno peninggalan dari istri Dr.Yap
  • Koleksi buku dan naskah hingga mencapai 5.000 buah di perpustakaan

Fasilitas yang Tersedia

Tembi Rumah Budaya Jogja

Fasilitas-fasilitas yang terdapat di Rumah Tembi ini selain sebagai tempat penyimpanan koleksi dan karya seni yang bernilai budaya, fasilitas yang ada juga dibuat untuk mendapatkan pemasukan. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di Rumah Tembi:

  1. Ruang pameran
  2. Ruang pertemuan
  3. Tempat penginapan
  4. Museum
  5. Perpustakaan
  6. Pendopo dan panggung pertunjukan
  7. Kolam renang yang instagenic
  8. Warung makan
  9. Akses Wi-Fi gratis
  10. Toilet
  11. Musholla

Agenda Budaya di Rumah Tembi

Para wisatawan yang datang berkunjung ke sini akan disuguhkan berbagai pertunjukan seni yang menarik dan bahkan digelar setiap bulannya. Para wisatawan pun bisa memanfaatkan paket wisata jogja yang biasa ditawarkan untuk mengikuti berbagai kegiatan di Desa Tembi. Beberapa agenda rutin yang dihadirkan di Rumah Budaya Tembi sebagai hiburan bagi masyarakat adalah:

  • Pertunjukan wayang dengan dalang lokal daerah Bantul
  • Pertunjukan tarian nasional
  • Pameran seni rupa
  • Pertunjukan musik
  • Pertunjukan baca puisi
  • Workshop
  • Diskusi
  • Seminar
  • Penyelenggaraan kegiatan tradisional seperti membajak sawah dengan sapi, berlatih gamelan, membatik, permainan anak-anak, dan lain-lain

Rute dan Lokasi

Lokasi Rumah Budaya Tembi tepat di Jl. Parangtritis No.Km 8.4, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rumah Budaya Tembi ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit dari Pusat Kota Jogja. Jika Anda ingin ke tempat ini, anda bisa rental mobil matic di jogja lepas kunci atau dengan sopir.

Rute yang harus dilewati untuk bisa sampai ke lokasi ini adalah dari pusat Kota Jogja – lurus terus ke arah Jalan Parangtritis – lurus terus melewati kampus Institut Seni Indonesia (ISI) hingga menemukan perempatan lampu merah Tembi – lurus sedikit sampai menemukan belokan ke arah timur (ke kiri) – sekitar 400 meter akan sampai di lokasi museum yang terletak di sebelah kiri (utara) jalan.

Tarif dan Biaya Masuk

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke Museum Budaya ini bisa datang langsung dengan menyesuaikan jam buka berikut:

KeteranganJam Buka
Jam buka Museum TembiSenin – Jumat pukul 09.00 – 16.00
Jam buka Warung Dhahar Pulo SegaranSetiap hari mulai pukul 08.00 – 22.00

Untuk tarif dan biaya yang harus dikeluarkan selama berada di kawasan wisata ini, kurang lebih adalah sebagai berikut:

KeteranganHarga
PenginapanRp. 600.000 – Rp. 800.000
Tiket masukRp. 30.000 – Rp. 40.000
Harga makanan20.000 – Rp 50.000
Tiket masuk pertunjukan20.000 – Rp 50.000

Untuk harga yang lebih murah para pengunjung bisa memanfaatkan voucher hotel jogja yang biasanya ditawarkan agen wisata. Rumah Tembi menjadi tempat wisata yang sangat menarik dan berbeda karena menggabungkan unsur budaya dan rekreasi dalam satu lokasi.