Sedang berencana liburan ke Jogja? Simak berbagai rekomendasi tempat wisata alam di Jogja paling favorit! Siapa sih yang tidak tahu tentang makanan khas yang biasa dikenal dengan nama gudek?

Pastinya Anda sudah mengetahuinya, atau mungkin Anda sudah pernah merasakan makanan tersebut. Ya makanan yang mempunyai bahan dasar buah nangka yang masih muda itu sangat identik dengan kota Yogyakarta.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut untuk menikmati kulinernya dan tempat wisata yang dapat memanjakan mata. Nah, jika Anda tertarik untuk datang ke sana, sebaiknya Anda mengetahui beberapa rekomendasi tempat wisata jogja berikut. Dijamin Anda akan ketagihan ingin berkunjung lagi ke sana.

Tempat Wisata Alam di Jogja

1. Curug Pulosari Wisata Alam Jogja yang Asri

Curug Pulosari @fuadiafif

Curug Pulosari @fuadiafif

Rekomendasi tempat wisata yang pertama adalah Curug Pulosari yang menawarkan suasana yang hening dan sunyi layaknya di pedesaan. Dengan pemandangan yang masih alami sangat cocok untuk Anda yang sedang menenangkan pikiran dan hati dari padatnya aktivitas sehari-hari. Di sini juga tersedia fasilitas gazebo dan warung yang dikelola oleh warga setempat. Apabila Anda ingin membeli oleh-oleh atau kerajinan khas Jogja di sini juga tersedia. Untuk tiket masuknya, para pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk atau gratis. Namun perlu diingat bahwa Anda harus membayar biaya parkir sebesar 2000 rupiah.

2. Telaga Biru Semin Gunungkidul

Telaga Biru Semin Gunungkidul @_deviarn

Telaga Biru Semin Gunungkidul @_deviarn

Telaga Biru Semin merupakan danau biru asri dan menawan yang terletak di perbatasan Jawa Tengah. Tempat ini terbentuk karena aktivitas penambangan yang dilakukan di perbukitan daerah Candirejo. Sebenarnya penambangan tetap berjalan hingga sekarang ini, namun wisatawan dapat menemukan keindahan danau biru tersebut. Tempat wisata yang cukup populer di Jogja ini sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tempat rekreasi keluarga.

Namun dengan semakin berkembangnya wisata tersebut membuat aktivitas penambangan secara perlahan berhenti. Sehingga danau yang semula biru sekarang ini memancarkan berbagai warna, hal tersebut menambah kesan magis yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

3. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang @adin.milov

Air Terjun Kedung Kandang @adin.milov

Tempat wisata berikutnya adalah Air terjun Kedung Kandang yang mungkin Anda sudah bisa membayangkan nya. Ya, wisata tersebut menyuguhkan pemandangan yang sangat elok yaitu hamparan sawah berpadu dengan air terjun di tengahnya. Pemandangan alam pedesaan ditambah dengan air terjun yang sangat indah akan membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Mungkin saat berkunjung Anda akan lebih terpukau lagi melihat 6 tingkatan air terjun yang begitu mengagumkan. Bagaimana sangat menarik, bukan? Perlu diketahui wisata tersebut hanya bisa dinikmati saat musim penghujan, jika tidak air yang mengalir hanya sedikit dan tidak sebagus musim penghujan.

4. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo @candrapradinda_

Gumuk Pasir Parangkusumo @candrapradinda_

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan salah satu tempat wisata alam di Jogja selanjutnya yang menyuguhkan hamparan padang pasir yang sangat luas. Bahkan Anda tidak perlu pergi ke Timur Tengah atau Afrika, cukup di Jogja, Jawa Tengah sudah bisa merasakan liburan yang seru. Walaupun tidak ada unta Anda dapat menunggang kuda untuk menyusuri padang pasir tersebut.

Selain itu tempat ini banyak yang menggunakan untuk pemotretan karena tempat ini cukup unik di Indonesia. Tentunya hal ini sangat menarik, bukan? Jadi, jika Anda penasaran pastikan untuk mengunjungi tempat wisata ini saat berada di Jogja.

5. Puncak Becici

Puncak Becici @jejefadhila

Puncak Becici @jejefadhila

Puncak Becici merupakan tempat wisata yang belum banyak diketahui oleh orang, wisata ini terletak di daerah perbukitan yang diselimuti oleh hutan pohon pinus. Lokasi wisata tersebut sangat mudah dijangkau karena sangat dekat dengan pusat kota Yogyakarta. Pemandangan yang masih asri dan indah serta udara segar yang bisa Anda nikmati di tempat tersebut.

Untuk mencapai puncak Anda harus berjalan kaki sekitar 15 menit dengan ditemani keindahan alam sekitar. Apabila Anda ingin beristirahat disediakan gazebo serta warung makanan ringan yang penjualnya masyarakat sekitar wisata tersebut. Ditempat wisata ini apabila cuaca cerah Anda dapat melihat pemandangan gunung Berapi dan gunung Sindoro yang tampak jelas.

6. Wisata Hutan Mangrove KulonProgo

Hutan Mangrove @enrswaa

Hutan Mangrove @enrswaa

Wisata Hutan Mangrove merupakan tempat wisata yang berada di Jogja, dengan salah satu keunikan yaitu jembatan yang terbuat dari bambu. Jembatan tersebut digunakan sebagai sarana berjalan para wisatawan saat berkunjung ke tempat tersebut. Hutan bakau yang terbentang luas sekitar 3 hektar, dilengkapi dengan fasilitas kursi gantung yang dapat Anda gunakan untuk beristirahat jika capek saat berjalan.

Di sana Anda juga bisa mendapatkan momen romantis dengan pasangan Anda seperti menyaksikan sunset. Selain itu Anda dapat berfoto di jembatan bambu yang sengaja dibentuk hati agar suasana yang didapatkan lebih romantis. Sangat menarik bukan? Untuk biaya masuk cukup Rp5.000,- saja.

7. Grojogan Lepo Dlingo

Grojogan Lepo Dlingo @nedyasafitrianggraini

Grojogan Lepo Dlingo @nedyasafitrianggraini

Grojogan Lepo Dlingo merupakan tempat wisata terakhir yang akan dibahas, walaupun sebenarnya masih banyak wisata yang ada di Jogja. Grojogan merupakan nama wisata tersebut yang diambil dari bahasa Jawa yang artinya air terjun. Dengan dikelilingi oleh alam yang masih sangat rindang dan hijau ditambah dengan bebatuan alam yang dapat digunakan untuk berendam. Warna air yang biru serta tiga tingkatan kolam yang dapat memanjakan mata Anda.

Berkunjung ke Jogja memang sangat menyenangkan karena selain terkenal akan budayanya yang kental, Jogja juga memiliki tempat wisata yang sangat mengagumkan. Bagi Anda yang kebetulan berencana untuk jalan-jalan ke Jogja, pastikan untuk mengunjungi tempat wisata alam di Jogja yang begitu luar biasa.

Namun jika adalah kali pertama Anda melakukan perjalanan ke sana, sebaiknya untuk menggunakan agen wisata yang sudah profesional. Mengapa demikian? Karena selain lebih mudah, menggunakan agen wisata ternyata lebih hemat. Jadi Anda tidak perlu khawatir liburan dengan bujet minim. Semoga liburan Anda bersama keluarga menyenangkan!