Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro juga wajib dikunjungi bagi kamu yang sedang berlibur disana. Sebagaimana telah diketahui bahwa Malioboro adalah pusat wisata oleh-oleh Daerah Istimewa Jogjakarta. Belum lengkap rasanya jika ke Jogja namun belum ke Malioboro.

Di Malioboro pengunjung bisa menemukan berbagai macam barang-barang dan juga pernak-pernik khas Jogja. Selain itu ditempat ini pula kita bisa melihat pagelaran musisi jalanan yang meramaikan pedestrian Malioboro kala sore hingga malam hari. Tak lupa andong dan becak khas Jogja juga bisa kita gunakan untuk berkeliling jika kita mulai merasa lelah berjalan kaki.

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro menjadi destinasi selanjutnya saat berkunjung ke Malioboro. Hal ini tak lepas karena Malioboro dikelilingi oleh berbagai tempat wisata yang bersejarah dan berusia ratusan tahun. Berikut adalah beberapa objek wisata di sekitaran Malioboro yang wajib dikunjungi :

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro

1. Titik Nol Kilometer Malioboro

Titik Nol Kilometer @miftahhhhhhhh_

Titik Nol Kilometer @miftahhhhhhhh_

Titik nol kilometer Jogja berada di sebelah selatan pedestrian Malioboro. Tempat ini berupa sebuah kawasan perapatan jalan di Kantor Pos Besar Jogja. Dimana pada kawasan ini juga terdapat Benteng Vredeburg, Gedung Agung, Gedung BNI, Monumen Serangan Umum 1 Maret dan Monumen Batik. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat pertunjukan baik skala kecil maupun skala besar. Kawasan ini menjadi meeting point utama saat berkunjung ke Malioboro.

2. Pasar Beringharjo Wisata Belanja Yang Khas di Jogja

Pasar Beringharjo @kantorstafpresidenri

Pasar Beringharjo @kantorstafpresidenri

Bagi wisatawan yang ingin mencari produk batik dengan harga yang cukup murah maka wajib mengunjungi pasar Beringharjo. Pasar ini terkenal dengan beragam jenis produk batik yang lengkap dengan kualitas terbaik. Pasar ini telah berdiri sejak ratusan tahun lalu dan sempat mengalami pemugaran beberapa kali.

Selain batik di pasar ini juga terkenal dengan wisata kulinernya. Beragam makanan daerah tersedia dengan cita rasa yang juara. Jika ingin merasakan minuman rempah-rempah yang kaya khasiat maka wajib mencoba minum jamu. Di pasar ini juga dijual bahan rempah-rempah jamu. Ketika perut sudah mulai keroncongan bisa pula menikmati berbagai macam makanan yang tersedia. Salah satu menu yang paling dicari adalah pecel kembang turi, sate kere atau roti kolomben.

3. Alun-alun Kidul Jogja

Alun-alun Kidul Jogja @angga_al_bara

Alun-alun Kidul Jogja @angga_al_bara

Datang ke Jogja belum lengkap rasanya jika belum mampir ke Alun-alun Kidul. Alun-alun ini berada di belakang Keraton Jogja. Tempat ini selalu ramai terutama saat malam tiba. Karena terdapat beragam tempat lesehan yang sangat cocok sebagai tempat kumpul-kumpul. Jika ingin berkeliling alun-alun juga bisa menggunakan odong-odong ataupun becak yang sudah diberi lampu warna-warni.

Selain Alun-alun Kidul adapula Alun-alun Utara yang wajib juga dikunjungi. Alun-alun ini letaknya hanya 500 meter dari Malioboro ke arah Selatan. Alun-alun ini sangat terkenal karena keberadaan dua buah pohon beringin. Konon katanya siapapun yang bisa lewat di antara kedua pohon beringin dengan mata tertutup maka keinginannya akan terkabul.

Hal menarik lainnya selain pohon beringin adalah jajaran penjual makanan dan minuman yang sayang jika tidak disinggahi. Baik Alun-alun Kidul maupun Alun-alun Utara sangat layak untuk dikunjungi. Melepas lelah sambil bercengkrama dan menikmati beragam hidangan yang tersedia disana. Waktu seakan tak pernah habis saat berada disana.

4. Keraton Yogja

Keraton Yogja @chemotnha

Keraton Yogja @chemotnha

Simbol kota Jogja lainnya tentu saja Keraton Yogja. Satu-satunya wilayah di Indonesia  yang gubernurnya adalah seorang raja adalah Yogjakarta. Itulah mengapa namanya disebut sebagai Daerah Istimewa Yogjakarya. Dan tempat tinggal raja tentu saja di keraton. Oleh sebab itu keraton juga pada beberapa bagiannya boleh dikunjungi oleh wisatawan.

Di keraton kita bisa melihat tempat tinggal raja beserta abdi dalemnya. Sebagaimana telah kita ketahui selain raja dan keluarganya sosok para abdi dalem juga cukup menarik perhatian wisatawan. Bagaimana seorang abdi dalem yang bekerja dari muda hingga tua di istana. Bagaimana mereka begitu bangga saat bekerja di istana mengabdi kepada raja disaat diluaran sana dunia modern terus berkembang.

5. Tamansari Yogyakarta

Tamansari Yogyakarta @riindyriindu

Tamansari Yogyakarta @riindyriindu

Satu lagi objek wisata disekitaran Malioboro yang bisa dikunjungi. Tamansari dulunya adalah sebuah tempat pemandian putri kerajaan. Letaknya pun tidak jauh dari Keraton Jogja. Tempat ini sudah tidak digunakan sebagaimana fungsinya. Oleh sebab itu tenpat ini mulai dipugar dan dijadikan sebagai tempat wisata. Untuk datang ke tempat ini baiknya pagi ataupun sore hari. Karena saat siang hari cuaca begitu panas. Tempat ini seringkali dijadikan sebagai tempat pemotretan ataupun pembuatan iklan perusahaan-perusahaan besar. Bagi yang tidak repot-repot dengan beberapa hal bisa menggunakan jasa paket wisata jogja.

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro menjadikan liburan singkat kamu begitu bermakna. Karena tidak perlu membuang waktu untuk sekedar melakukan perjalanan dari satu destinasi wisata ke destinasi wisata yang lainnya. Waktu yang tidak terbuang ini menjadikan kualitas liburan menjadi lebih bermakna. Menciptakan sejuta kenangan baru hanya dalam waktu singkat. Yogjakarta memang tak pernah ada kata habisnya. Ia seakan menjadi tempat pulang bagi orang-orang yang merindu.