Tempat wisata gratis di Jogja, Kota istimewah ini memiliki berbagai keunikan dan ciri khas yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Kota dengan nilai budaya jawa yang kental ini memiliki berbagai destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi.

Keistimewahan jogja terletak pada berbagai aspek diantaranya kuliner, budaya, sejarah, dan juga wisata alam yang sangat mempesona. Penduduk yang ada di Jogja pun terkenal sangat santun dan ramah. Tentu hal ini juga menjadikan wisatawan betah berada di Jogja.

Lihat Tempat Instagramable Di Jogja Terbaru

Tidak hanya itu, biaya hidup di Jogja juga terkenal sangat murah. Hanya dengan uang 5.000 kalian sudah bisa makan kenyang, tentu sangat menyenangkan bukan. Bagi sebagian orang, berlibur selalu identik dengan mengeluarkan budget yang banyak. Nah, bagi kalian yang ingin melepas penat dari rutinitas bekerja dan ingin berlibur namun dengan budget yang minimum. Kota Jogja adalah solusi tepat untuk agenda liburan kalian.

Tebing Breksi jogja

Tebing Breksi jogja

Tempat wisata gratis di Jogja, tidak hanya murah namun di Jogja juga terdapat banyak tempat destinasi wisata yang gratis. Alias kalian tidak perlu membayar biaya tiket untuk masuk ke wisata. Jika kalian berfikir destinasi wisata tersebut sangat kumuh dan tidak terawat. Tentu saja asumsi kalian ini salah. Tanpa dipungut biaya kalian bisa mengunjungi berbagai wisata mulai dari wisata alam, spot foto instagramable, tempat bersejarah dan masih banyak lagi. Tentu di tempat wisata ini kalian tetap mendapatkan perlakuan yang baik dari para petugasnya.

Salah satu tempat berwisata yang gratis dan sangat indah di Jogja yaitu Tebing Breksi. Bagi kalian yang belum mengetahui tentang tempat wisata ini, silahkan simak informasi berikut.

Sejarah Tebing Breksi

Tebing Breksi ini sebenarnya adalah tambang batu kapur yang beroprasi sekitar tahun 90-an. Tebing ini berhenti dioprasikan sebagai tambang batu kapur karena didapati hasil penelitian menyatakan jika batu kapur yang ada merupakan hasil dari pembentukan abu vulkanik purba Gunung Api Nglangeran. Maka sejak 2014, pemerintah memberhentikan proses penambangan di area ini dan mengubahnya menjadi cagar budaya. Karena tebing ini memiliki bentuk dan hasil guratan sisa penambangan yang unik. Maka penduduk sekitar berinisiatif untuk merapikan dan memperbaikinya sehingga terlihat estetik.

Lokasi Tebing Breksi

Lokasi Tebing Breksi jogja gratis

Lokasi Tebing Breksi jogja gratis

Bagi kalian yang ingin datang mengunjungi Tebing Breksi ini sebaiknya kalian mempersiapkan kendaraan dengan sebaik-baiknya. Jalan yang dilintasi untuk sampai ke Tebing Breksi ini cukup ekstrim yaitu menanjak terlebih kondisi jalan yang berlubang. Untuk lokasi tepatnya Tebing Breksi ini sangat dekat dengan 2 objek wisata lainnya yaitu, Candi Ijo dan Puncak Piyungan. Sehingga saat kalian mengunjungi Tebing Breksi ini kalian juga bisa sealigus mengunjungi Candi Ijo dan Puncak Piyungan.

Keuinikan dan Keindahan Tebing Breksi

Tebing Breksi ini sangat unik dengan berbagai ukiran yang ada dibagian dinding Tebing. Karena tempat wisata ini tergolong masih baru jadi fasilitas seperti halnya tangga yang ada masih belum memiliki pegangan. Selain itu juga belum adanya fasilitas seperti toilet, mushala, bahkan tempat sampah. Alangkah baiknya jika kalian bisa menyesuaikan diri saat berada disini untuk mengurangi resiko ketidak nyamanan. Seperti kalian bisa menggunakan sandal yang nyaman sehingga tidak mudah tergelincir.

Dari jauh Tebing Breksi ini terlihat layaknya seperti rumah raja, detail yang paling menarik yaitu ukiran berbentuk naga yang sangat unik. Tebing ini bisa dikatakan juga sebagai tempat yang instagramable untuk berfoto. Keunikan ukiran tebing dilengkapi dengan pemandangan sekitar tebing yang juga sangat indah. Akan membuat kalian puas untuk memotret gambar disni.

Selain itu, disini juga terdapat Tlatar Seneng yang berbentuk lingkaran. Di waktu tertentu akan selalu diadakan pertunjukan seni di Tlatar Seneng ini.

Sunset Dan Sunrise di Tebing Breksi

Tebing Breksi jogja

Tebing Breksi jogja

Menikmati suasana muncul dan tenggelamnya matahari memang merupakan momen yang sangat indah. Untuk pagi hari, bagi kalian yang ingin menikmati sunrise kalian bisa datang ke Tebing Breksi pada pukul 05.00. Kalian akan melihat dengan jelas keindahan sunrise langsung dari atas tebing

Untuk kalian yang menyukai senja, maka kalian bisa melihat eloknya senja di Tebing Breksi sekitar pukul 17.00. Warna jingga akan mendominasi langit, dan kalian akan melihat indahnya matahari terbenam secara lagsung dari puncak tebing ini.

Banyak pengunjung yang datang sebagai pemburu senja, mengabadikan momen diwaktu akan tenggelamnya matahari. Berfoto dengan latar belakang langit yang menampakan jingganya sungguh sangat menarik. Hasil foto yang kalian ambil di Tebing Breksi tidak akan pernah mengecewakan.

Biaya Kunjungan

Untuk destinasi wisata seindah ini, kalian tidak perlu mengeluarkan budget untuk membayar tiket masuk ke wisata. Memasuki Tebing Breksi ini gratis. Hanya saja bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi pastilah harus membayar parkir sejumlah 2.000 rupiah untuk sepeda motor dan 5.000 rupiah untuk mobil.

Lihat juga Hotel Bintang 2 di Jogja 

Tempat wisata gratis di Jogja salah satunya Tebing Breksi. Pemandangan yang indah beserta ukiran-ukiran unik pada tebing ini akan membius hati para wisatawan. Bagi kalian yang berada di Jogja, silahkan kunjungi destinasi wisata Tebing Breksi dengan paket wisata yang tepat dan terpercaya.