Tempat Wisata Keluarga Di Jogja apa saja yang paling recommended dan menyenangkan? Yogyakarta atau lebih akrab disebut Jogja tidak hanya menjadi kota pelajar saja, tetapi daerah ini juga kaya akan wisata alam dan buatan.

Keanekaragaman tempat wisata menjadikan Jogja menjadi pilihan wisata warga Yogyakarta maupun daerah-daerah di Nusantara. Tidak ketinggalan, wisatawan mancanegara pun berdatangan di Ngyogyakarta Hadiningrat ini.

Tempat Wisata Keluarga Di Jogja

1. Taman Pintar

Taman Pintar @zxroyale_10

Taman Pintar @zxroyale_10

Tempat Wisata Keluarga Di Jogja yang sangat cocok dikunjungi bersama sang buah hati yaitu Taman Pintar. Tempat wisata ini memadukan rekreasi dan edukasi. Taman memiliki berbagai zona permainan menarik yang akan membantu meningkatkan pengetahuan anak. Misalnya adanya penggunaan teknologi interaktif digital, ribuan peraga edukatif, penggunaan video dan masih banyak lagi.

Lihat juga Tempat Wisata Malam Jogja

Taman Pintar terletak di Jalan Panembahan Senopati Nomor 1 – 3, Kota Yogyakarta. Harga tiket masuk untuk anak-anak yaitu Rp. 10.000 dan untuk dewasa sebesar Rp. 18.000. Tidak hanya itu, sekitar Taman Pintar juga berjejeran toko buku yang siap menjadi koleksi di rumah.

2. Museum Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali @ichamuuuu

Monumen Jogja Kembali @ichamuuuu

Museum Monumen Jogja Kembali berada di dusun Jonjang, Desa Sariharjo, Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Museum ini memiliki tema sejarah, sehingga Anda bisa melihat berbagai peninggalan sejarah pada zaman perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah.

Wawasan anda akan bertambah mengenai sejarah bangsa dan akan membentuk jiwa nasionalisme pada diri anak. Untuk memasuki lokasi museum Monumen Jogja Kembali, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 7.500 per orangnya. Jam buka dari museum yaitu pada hari hari Selasa hingga Minggu mulai jam 08.00 hingga 16.00.

3. Museum Dirgantara

Museum Dirgantara @museumdirgantara

Museum Dirgantara @museumdirgantara

Museum yang menjadi favorit anak-anak yaitu Museum Dirgantara. Museum merupakan hasil gagasan TNI AU dalam mengabadikan momen bersejarah dalam lingkung angkatan udara. Sehingga isi dari museum Dirgantara ini berisi berbagai koleksi pesawat terbang yang bersejarah. Kerangka pesawat merupakan pesawat yang dulu dipakai ketika perang dan perang dunia ke II.

Anda dan keluarga bisa berfoto dengan berbagai spot foto pesawat terbang. Tidak hanya itu, Anda bisa melihat berbagai foto bersejarah dan miniatur-miniatur yang ada kaitannya dengan Angkatan Udara. Museum Dirgantara terletak di Komplek Pangkalan TNI AU Adisucipto, Yogyakarta. Untuk memasuki area wisata yaitu Anda harus membayar tiket masuk dengan harga terjangkau.

4. Kids Fun

Kids Fun @fafa.fn20

Kids Fun @fafa.fn20

Kids Fun menyajikan 23 wahana wisata untuk anak-anak. Misalnya bombom car, gokart, rafting, hingga flying fox. Tidak hanya wisata rekreasi saja, Kids Fun juga menyuguhkan parade pertunjukan edukatif yang siap menghibur Anda dan keluarga. Selain itu, tempat wisata juga menyediakan wahana air yang bisa menjadi pilihan Anda bersama keluarga.

Kids Fun terletak di Jalan Wonosari km 10, Yogyakarta. Untuk memasuki area wisata wisatawan akan dikenakan mulai dari Rp. 85.000 hingga Rp. 105.000. Harga tiket masuk tersebut menyesuaikan dengan hari kedatangan Anda.

5. Kebun Binatang Gembira Loka

Gembira Loka @mira_kenziekevin

Gembira Loka @mira_kenziekevin

Gembira Loka merupakan kebun binatang yang terletak di Jalan Kebun Raya Nomor 2, Rejowinangun, Kotagede,  Yogyakarta. Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai macam satwa yang bisa Anda saksikan. Mulai dari ikan, aneka burung dan berbagai binatang buas ada disana. Selain itu, kebun binatang memiliki tempat yang rindang dan hijau sehingga Anda akan betah berlama-lama disana.

Anda bisa memasuki kebun binatang yang sudah dibuka sejak 1956 dengan harga yang relatif terjangkau. Apalagi jika Anda datang bersama rombongan, Anda bisa mendapatkan potongan harga tiket masuk.

6. Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru @pradiptasynatria

Pantai Kuwaru @pradiptasynatria

Jika Anda dan keluarga lebih tertarik dengan pantai, Pantai Kuwaru bisa menjadi pilihannya. Pantai ini menyediakan fasilitas berupa mini ATV yang bisa digunakan para wisatawan untuk berpetualang menyusuri pantai. Gulungan ombak dengan tiupan angin khas laut selatan akan menggoda Anda untuk berpetualang.

Pantai Kuwaru memiliki pasir putih dengan deretan pohon cemara yang rindang. Adanya penyewaan mini ATV ini menjadi wadah bagi Anda yang ingin berpetualang dan menjelajahi pantai di Bantul. Tempat wisata ini berada di Kuwaru, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul.

7. Kampoeng Dolanan Pandes

Kampoeng Dolanan Pandes @krisdiantoajin

Kampoeng Dolanan Pandes @krisdiantoajin

Kampoeng Dolanan Pandes terletak di Jalan Tembus Pandes, Dusun Pandes, Desa Panggungharjo, Kecamatan Banguntapan, Bantul. Desa wisata ini menawarkan berbagai permainan tradisional yang menyenangkan. Anda bisa mengenalkan berbagai permainan tradisional kepada sang buah hati sekaligus Anda mengenang keseruan di masa silam.

Lihat juga Wisata Merapi Jogja Yang Istimewa

Tidak hanya berbagai permainan tradisional saja, kampoeng Dolanan Pandes juga mengemas permainan tersebut menjadi kegiatan yang menarik. Beberapa permainan yang ditawarkan yaitu othok-othok, manukan, kitiran, geprekan, gamelan dan masih banyak lagi. Anda juga tidak perlu membayar tiket untuk memasuki wisata yang satu ini.

Tempat Wisata Keluarga Di Jogja menjadi pilihan tepat untuk Anda bersama keluarga menghabiskan waktu liburan.  Anda bisa juga memilih paket wisata jogja 1 hari untuk keluarga. Selain keluarga senang, sang buah hati pun juga akan mendapatkan berbagai pengetahuan yang mungkin tidak dipelajari di sekolah. Anda bisa memilih tempat wisata sesuai keinginan, kebutuhan dan budget bersama jasa tour travel yang trusted pula.