Tempat wisata kuliner di Jogja menjadi salah satu hal yang paling dicari ketika berkunjung ke kota ini. kota yang kental dengan budaya Jawa di tengah modernisasi dunia ini menyimpan berbagai makanan tradisional yang masih bertahan hingga saat ini.

Seiring dengan hal tersebut, tidak heran jika banyak tempat wisata kuliner yang menyajikan berbagai makanan khas Jogja dan sekitarnya. Bagi anda yang mencari tempat wisata kuliner populer di Jogja, berikut ini akan kami rekomendasikan untuk anda.

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Jogja

1. Angkringan Lik Man

 Tempat Wisata Kuliner di Jogja Murah  Angkringan Lik Man @omarrh7

Angkringan Lik Man @omarrh7

Angkringan merupakan tempat makan paling populer di kota Jogja. Tidak hanya memberikan harga yang terjangkau, tetapi juga memberikan nilai budaya yang kental. Angkringan Lik Man adalah angkringan yang pertama didirikan di kota ini sejak tahun 1969. Jika dilihat secara sekilas, angkringan ini sama dengan angkringan pada umumnya. Namun selain istimewa karena pertama kali berdiri, angkringan ini juga memiliki sajian unik yaitu kopi jos.

Lihat juga Oleh oleh Khas Yogyakarta

Kopi jos adalah menu andalan dan satu-satunya di kota Jogja. Kopi ini disajikan dengan cara yang unik yaitu sebelum disajikan, kopi dicampur dengan arang yang masih panas sehingga menimbulkan bunyi joos. Tentunya penambahan arang tersebut memberikan rasa yang unik  pada sajian kopi. Tidak hanya itu, arang yang dimasukkan bermanfaat untuk menghilangkan kafein sehingga membantu memperlancar pencernaan.

2. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon @arinthap

Gudeg Pawon @arinthap

Berbicara tentang kuliner khas di Jogja belum lengkap jika belum menyebutkan gudeg. Salah satu tempat kuliner gudeg yang paling populer adalah Gudeg Pawon. Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1958 dan melayani pelanggan langsung dari pawon (dapur) dalam bahasa Jawa. Hingga saat ini, cara memasak gudeg masih menggunakan tungku tradisional yang sederhana. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kualitas rasa gudeg yang istimewa.

Namun untuk menikmati kuliner ini anda hanya bisa berkunjung pada malam hari mulai pukul 22.30 hingga abis. Gudeg pawon selalu ramai oleh pengunjung sehingga anda hanya bisa berkunjung lebih awal agar tidak kehabisan. Di Tempat ini anda bisa menikmati sepiring gudeg ditambah dengan ayam dan teh manis menjadi sajian istimewa di kota istimewa.

3. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo @anysiacarla

Nasi Goreng Beringharjo @anysiacarla

Nasi goreng merupakan salah satu menu yang mudah ditemukan diberbagai tempat. Namun tempat kuliner nasi goreng Beringharjo ini sangat legendaris dan sudah berdiri sejak tahun 1960. Salah satu keunikan dari kuliner ini adalah dibuat dengan menggunakan resep lawas sehingga memiliki kualitas rasa yang masih terjaga.

Tempat kuliner ini menyediakan dua menu yaitu nasi goreng ayam dan nasi goreng babi. Bagi anda  yang mencari makanan halal, anda bisa menghindari untuk mengkonsumsi nasi goreng babi. Disini anda juga bisa memesan porsi untuk setengah porsi atau 1,5 porsi dan lain sebagainya.

4. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong @ziqrijati

Sate Klathak Pak Pong @ziqrijati

Bagi anda yang gemar dengan sate kambing, tempat kuliner ini sangat kami rekomendasikan untuk dicoba. Sate klathak Pak Pong menyajikan berbagai saat spesial yang tidak ditemukan ditempat lain. Dengan menggunakan bumbu yang sederhana, menu masakan ini memiliki rasa yang nikmat. Hanya dengan menggunakan bahan garam, merica dan kecap, namun bahan minimalis tersebut memiliki rasa yang khas.

Selain menggunakan bumbu yang berbeda, Pak Pong juga menggunakan cara yang berbeda. Jika pada sate biasanya daging dibakar dengan menggunakan tusuk sate, tempat ini dibakar dengan menggunakan jeruji besi sepeda. Menurut cerita, jeruji sepeda ini membuat daging akan merata hingga sempurna. Cara ini juga lebih ramah lingkungan karena bisa digunakan berkali-kali.

5. House of Raminten

House of Raminten @hendra_mardiansyah

House of Raminten @hendra_mardiansyah

Tempat wisata kuliner di Jogja ini menyajikan berbagai makanan khas Jogja dengan cara yang modern, klasik dan berkelas. Tempat makan ini menyediakan menu tahu bola, cunduk, wedang sereh, sate lilit, brongkos, nasi kucing dan beberapa menu tradisional lainnya. Rumah makan ini juga dibangun dengan menggunakan gaya seni dan arsitektur yang luar biasa. Di bagian luar House of Raminten juga terdapat kereta kuda, sedangkan di dalamnya sangat kental dengan ruangan bertema jawa.

Lihat juga Kuliner Malam Jogja

Selain gaya ruangan yang sangat Jawa, ruangan-ruangan di dalamnya juga dilengkapi dengan aroma jawa yang sangat khas. Untuk memperlengkap suasana Jawa, saat menyantap kuliner anda akan ditemani dengan musik Jawa yang terus dimainkan setiap saat. Bahkan pelayan di rumah makan ini juga menggunakan pakaian khas Jawa. Untuk memanggil pelayan, disediakan kentongan pada meja makan. Nah bagi anda yang berkunjung ke kota Jogja, kurang lengkap rasanya jika belum menikmati kuliner di House of Raminten ini.

Tempat wisata kuliner di Jogja, rata-rata sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Dengan harga yang terjangkau anda bisa mendapatkan kuliner dengan kualitas rasa yang terjaga. Anda bisa memilih beberapa  tempat kuliner yang sesuai dengan selera anda dan keluarga.