Ikon kota pariwisata yang melekat untuk Kota Jogja semakin terbukti dengan banyak bermunculan tempat wisata baru yang salah satunya adalah The Lost World Castle. Tempat wisata ini didesain dengan konsep kekinian dengan membuat banyak spot foto menarik yang instagramable. Tak heran tempat wisata ini selalu ramai dipadati para wisatawan yang hanya penasaran atau memang sengaja ingin hunting foto di tempat ini.

Banyak sekali spot-spot foto menarik yang dibuat dalam berbagai konsep dan tema agar lebih variatif. Jika Anda pernah menonton acara Benteng Takeshi, maka tak akan asing dengan bangunan-bangunan yang ada di sini. Di balik keindahan dan keunikan bangunannya, tempat wisata ini dulunya merupakan bekas tanah yang hilang akibat erupsi Gunung Merapi.

Cerita di Balik Munculnya The Lost World Castle

The Lost World Castle Jogja

Erupsi dahsyat Gunung Merapi pada tahun 2006 silam menyisakan duka yang sangat mendalam terutama bagi para korban bencana. Beberapa wilayah yang terdampak parah tersapu bersih dan hanya menyisakan bekas erupsi yang menutupi tanah. Salah satu daerah yang terdampak paling parah adalah Desa Kepuharjo yang merupakan lokasi tempat wisata ini.

Baca juga, Bukit Bintang, Titik yang Tampilkan Kemegahan Jogja saat Malam

Nama The Lost World Castle yang diberikan oleh pihak pengelola mengandung makna kastil di kawasan yang hilang tersapu bersih erupsi Gunung Merapi. Tempat wisata ini seolah dibangun untuk membuktikan bahwa tanah yang dulunya tersapu kini bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. Sayangnya sempat ada kendala terkait perizinan pemerintah karena lokasinya yang berada di tengah Zona Merah sehingga tempat ini sempat ditutup sementara waktu.

Spot Foto Menarik di The Lost World Castle

Para wisatawan yang datang akan disuguhkan dengan keindahan dan keunikan bangunan dan wahana-wahana yang memanfaatkan batu sisa erupsi. Banyak spot-spot foto menarik yang sengaja dibuat sebagai daya tarik utama tempat wisata ini, seperti berikut ini:

  • Bangunan megah yang mirip Benteng Takeshi
  • Replika sayap yang berukuran besar dengan latar belakang Gunung Merapi
  • Tangga yang menjulang ke atas dengan tulisan paradise gate di ujung gapura
  • Awan buatan
  • Lukisan 3D trik seperti lukisan permadani terbang, jembatan kayu di atas sungai, air terjun
  • Replika pohon sakura
  • Wild Wild West yang terdapat tenda khas suku Indian di dalam area tersebut
  • Spot balon udara

Fasilitas yang Tersedia di The Lost World Castle

Meskipun tempat wisata ini terbilang masih sangat baru, tempat wisata ini dikelola dengan sangat baik dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas memadai seperti:

  • Toko souvenir dan oleh-oleh
  • Warung makan baik yang terdapat di dalam area wisata maupun di sekitar lokasi parkir
  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Sepeda unik khas The Lost World Castle yang bisa digunakan untuk menuruni jalur kastil yang curam dan menantang

Rute dan Lokasi

The Lost World Castle berlokasi di di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau bisa dengan memanfaatkan jasa sewa bus dan sewa mobil yang ada.

Baca juga, Pantai Wediombo, Panorama Keindahan Pantai dengan Laguna Khasnya

Rute yang bisa dilewati untuk menuju tempat wisata ini adalah dari pusat Kota Jogja – lurus arah Jalan Kaliurang – lurus terus menuju wisata Kaliadem – lurus hingga menemukan papan petunjuk The Lost World Castle – ikuti petunjuk hingga sampai di sebuah gapura bertuliskan nama tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket The Lost World Castle

Jika ingin mencari tempat liburan kekinian yang asyik, seru, unik, dan murah maka The Lost World Castle adalah pilihan yang tepat. Berikut ini kisaran rincian budget yang harus dikeluarkan jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini:

KeteranganHarga
Tiket masuk kawasan KaliademRp 3.000,00 per orang dan Rp 2.000,00 per motor
Tiket masuk TLWCCRp 25.000,00 per orang
PenginapanRp 50.000,00 per malam
Parkir motorRp 2.000,00
Parkir mobilRp 5.000,00
Sewa properti khas IndianRp 10.000,00

Para wisatawan yang penasaran dengan The Lost World Castle ini bisa datang ke tempat wisata tersebut dengan jadwal buka berikut ini:

HariJam
Senin – Jumat07.00 – 18.00
Sabtu – Minggu06.00 – 18.00

The Lost World Castle hadir sebagai tempat wisata untuk refreshing sekaligus sarana edukasi khususnya untuk anak-anak. Lokasinya yang dekat dengan kawasan wisata lainnya di Kaliurang membuat tempat wisata ini sering termasuk dalam paket wisata bersama tempat wisata lainnya yang terdapat di kawasan tersebut. Karena banyak spot yang cukup unik, hunting foto menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan para wisatawan yang datang berkunjung ke wisata kastil ini.