Beri peringkat untuk posting ini

Titik Nol Jogja menjadi salah satu kawasan sejarah dari Yogyakarta. Berada di Jalan Ahmad Dahlan, Yogyakarta membuat lokasi strategis ini kerap menjadi incaran para wisatawan dalam dan luar negeri. Deretan bangunan bersejarah dan kuno berjajar dan seolah menjadi saksi bisu sejarah yang pernah tertoreh di kawasan ini.

Selain deretan bangunan kuno dan juga bangunan bersejarah lainnya. Kawasan Titik Nol Jogja ini selalui dipadati dengan orang berlalu-lalang setiap harinya. Berada di jantung kota Yogyakarta membuat kawasan ini sering menjadi spot-spot foto atau juga menjadi tempat prewedding. Bagi Anda yang berencana berfoto prewedding, kawasan ini rasanya bisa menjadi referensi yang bagus.

Sekilas Informasi Mengenai Titik Nol Jogja

Titik Nol Kilometer Jogja

Kawasan yang berderet bangunan-bangunan kuno ala Eropa ini memang menjadi pusatnya Kota Yogyakarta. Meski sudah sempat mengalami revitalisasi selama beberapa kali. Namun, hal-hal bersejarah di dalamnya tidak pernah disentuh dan tetap dibiarkan begitu saja agar tetap ada sejarah yang dapat dikenang dari kawasan wisata ini. Kini, semakin maunya zaman kawasan ini seolah tak pernah tidur karena selalu ada saja aktivitas yang dilakukan di tempat ini. Mulai dari aktivitas pekerja maupun wisata selalu terkadi di kawasan ini.

Baca juga, De Arca Statue Museum, Wisata Kekinian yang Asyik di Yogyakarta

Jika Anda berada tepat di kawasan pusat kota ini, maka Anda bisa melihat tiga buah bangunan megah peninggalan Belanda. Bangunan tersebut yaitu Gedung Bank Indonesia, Gedung Kantor Pos Indonesia, dan Gedung Bank Negara Indonesia yang mengapit jalan menuju ke arah Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. Selain itu, Anda bisa mengamati jalanan Malioboro yang memang menjadi daya tarik dari kawasan Yogaykarta. Di sisi jalan, Anda bisa melihat Istana Negara Republik Indonesia dan juga Benteng Vendeburg yang tampak megah. Aneka bangunan unik nan megah disana bisa Anda jadikan background berfoto dan Anda unggah untuk menarik para pengikut Anda di sosial media bukan?

Harga Tiket Masuk Titik Nol Jogja

Sebenarnya jika Anda ingin ke kawasan pusat Kota Yogyakarta ini, Anda tidak perlu merogoh kocek sama sekali karena tidak ada pemungutan biaya. Akan tetapi, jika Anda ingin berkunjung ke sejumlah wisata yang berdekatan dengan pusat Kota Yogyakarta ini. Anda harus membayar buaya tiket sesuai dengan kebijakan dari pengelola tempat wisata tersebut.

Kapan lagi Anda bisa menikmati wisata gratis tanpa harus membayar sepeserpun, akan tetapi Anda bisa tetap mendapatkan kesan dan juga foto-foto yang ciamik mengingat kawasan ini sendiri memang berdiri gedung-degung kuno nan megah sehingga sering kali disebut kawasan Eropanya Jogja.

Fasilitas

Foto Titik Nol Jogja

Fasilitas yang ada di kawasan ini, sebenarnya adalah kawasan tempat nongkrong, duduk santai, photo session, atau juga kuliner. Sebenarnya banyak hal yang bisa Anda nikmati disana dan Anda tidak perlu khawatir karena banyak fasilitas umum yang bisa Anda manfaatkan. Contohnya seperti toilet umum, tempat duduk umum, warung makan, dan masih banyak lagi. Bahkan jika Anda beruntung, sejumlah orang yang berdandan dengan menggunakan aneka kostum unik  bisa juga Anda ajak berfoto dengan membayar biaya sukarela.

Lokasi

Lokasi Titik Nol Jogja ini memang berada di pusat Kota Yogyakarta atau tepatnya berada di persimpangan Jalan Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Deretan bangunan bergaya Eropa membuat kawasan ini sangat kental dengan nuansa kuno ala-ala Eropa tempo dulu.

Agar Anda bisa menuju ke kawasan pusat Kota Yogyakarta ini, Anda bisa langsung saja mengarahkan kendaraan Anda ke kawasan Malioboro. Jika dari Stasiun Tugu, maka Anda tinggal menyusuri saja kawasan Jalan sepanjang Malioboro dan ketika tiba di ujung jalan Anda telah sampai di kawasan pusat Kota Yogayakarta ini tanpa perlu bersusah-susah. Jika bingung, Anda bisa menggunakan sewa mobil setempat dan meminta untuk diantarkan ke lokasi ini.

Tips Berwisata ke Titik Nol Jogja

Bagi Anda yang berkunjung ke kawasan ini, hal utama yang harus Anda lakukan adalah selalu mempersiapkan barang bawaan Anda dengan baik. Selain mempersiapkannya, Anda juga harus selalu waspada untuk menjaga barang bawaan Anda karena kawasan ini terbilang ramai dan bisa jadi Anda menjadi sasaran para oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bawa juga uang kecil jika Anda ingin sekadar membeli makanan ringan atau berfoto dengan para orang yang berdandan dengan kostum unik untuk sekadar lucu-lucuan saja. Hal yang penting, Anda jangan sampai lupa untuk mempersiapkan kamera Anda dengan baterai yang penuh sehingga setiap momen dapat Anda abadikan dengan sangat baik.

Baca juga, Alun Alun Kidul, Halaman Belakang Kraton Jogja yang Kelap-kelip Saat Hujan

Bagi Anda yang menuju ke Yogyakarta, disarankan untuk tidak melupakan mampir ke Titik Nol Jogja. Meski hanya untuk sekadar nongkrong dan jajan saja, akan tetapi kawasan ini memang menjadi pusat wisata Yogyakarta yang bahkan juga dikenal hingga ke laur negeri. Tak heran jika Anda akan bertemu dengan bule-bule ketika Anda berkunjung kesana.

Jika tidak ingin ribet dalam mengantur kunjungan Anda ke Yogyakarta, Anda bisa membeli paket wisata dan memilih mana saja wisata menarik yang ingin Anda kunjungi. Jadi, segera rencanakan piknik Anda sekarang juga.