Rate this post

Wisata Gunung Merapi tidak hanya menghadirkan Gunung Merapi sebagai wisata utamanya, namun terdapat pula wisata menarik lain seperti Tlogo Putri Kaliurang. Tlogo Putri Kaliurang menjadi salah satu destinasi pilihan bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan di sekitar Gunung Merapi. Udaranya yang sejuk dengan hawanya yang dingin serta panorama keindahan yang ada menjadi daya tarik utama tempat wisata ini.

Bagi wisatawan yang ingin datang ke Tlogo Putri bisa sekaligus mengambil paket tour 1 hari ke jogja menuju tempat wisata lain di sekitar kawasan ini. Tempat wisata ini pun sudah cukup dikenal baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak hanya menawarkan keindahan alam, berbagai kegiatan seru pun bisa dilakukan di sini.

Panorama Keindahan Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang Jogja

Jika Bogor memiliki puncak sebagai daerah yang berhawa sejuk, maka Yogyakarta memiliki Kaliurang yang terkenal sebagai destinasi pilihan banyak wisatawan. Tempat wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Sleman ini memadukan wisata air dan wisata alam. Selain keindahan alamnya yang indah, tempat wisata ini juga sangat cocok untuk anak-anak karena terdapat berbagai wahana permainan seru di sini.

Kunjungi wisata lainnya: Pantai Indrayanti

Tlogo Putri sendiri lebih dikenal sebagai sebuah embung yang dilengkapi dengan penyewaan bebek air dan kano. Terdapat pula spot-spot foto menarik yang instagramable dan sangat cocok bagi yang hobi hunting foto. Jangan kaget jika tiba-tiba ada segerombolan monyet yang datang menampakkan diri dan tetap tenang karena mereka tidak akan mengganggu.

Menikmati keindahan alam berupa hijaunya pepohonan, embung, dengan suasana yang sejuk dan udara yang segar menjadi tempat yang sangat tepat untuk refreshing. Di sini juga terdapat jalur tracking memasuki hutan yang dikelola oleh Perhutani dengan berjalan kaki menyusuri jalanan setapak. Ujung dari perjalanan tracking tersebut adalah obyek wisata Kaliadem atau Kalikuning, Air Terjun Tlogo Muncar, dan Watu Kemloso.

Menikmati kuliner di sekitar Tlogo Putri juga menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu di tempat wisata ini. Apalagi warung-warung makan yang ada di sini banyak menjual makanan yang jarang ditemui di tempat lain. Salah satu kuliner khasnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Jadah Tempe yang terbuat dari beras ketan putih dan tempe bacem.

Fasilitas di Tlogo Putri Kaliurang

Pengelolaan tempat wisata ini sudah sangat baik mengingat pengelolaannya sendiri dilakukan langsung oleh Dinas Pariwisata setempat. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung yang datang:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Warung makan
  • Wahana permainan seperti flying fox, bianglala, ayunan, jungkat-jungkit, dan permainan lainnya
  • Penyewaan kano dan becak air
  • Spot foto menarik
  • Hotel dan penginapan
  • Pertunjukan seni seperti jathilan, topeng ireng, campursari, kubro siswo, dangdutan, dan orkes melayu yang biasanya ditampilkan di sebuah panggung di Tlogo Putri

Rute dan Lokasi ke Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang berlokasi di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Akses untuk menuju tempat wisata ini pun sangat mudah bisa dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum bisa naik bus trayek Jogja-Kaliurang kemudian turun di Terminal Kaliurang yang juga merupakan kawasan wisata Tlogo Putri.

Bagi yang menggunakan pribadi baik kendaraan sendiri maupun menggunakan jasa sewa mobil matic jogja atau sewa motor bisa memanfaatkan google maps agar lebih mudah. Jangan sungkan untuk bertanya kepada penduduk sekitar untuk arah yang lebih jelas agar tidak tersesat. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Merapi cukup mudah ditemukan karena hanya tinggal mengikuti arah Jalan Kaliurang hingga sampai ke lokasi.

Suasana Sekitar Tlogo Putri

Harga Tiket Masuk Tlogo Putri Kaliurang

Berlibur ke Tlogo Putri Kaliurang menjadi pilihan banyak orang tua untuk mengajak anak-anaknya. Selain tersedia berbagai permainan seru yang cocok untuk anak-anak, pemandangan yang indah, dan udara yang segar, harga tiket masuknya pun cukup murah. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 per orang.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 5.000,00

Baca juga artikel lainnya: Puncak Becici

Bagi yang ingin datang ke lokasi wisata ini bisa datang setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB. Kawasan yang terkenal sebagai tempat peristirahatan ini sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan akhir pekan di tempat yang sejuk. Tlogo Putri Kaliurang menjadi salah satu dari sekian banyak tempat-tempat wisata di kawasan wisata Kaliurang yang terletak di Bukit Plawangan.