Tugu Pal Putih merupakan salah satu icon menarik yang ada di Kota Yogyakarta. Letaknya begitu strategis karena di antara jalan-jalan besar Yogyakarta. Tugu yang pada mulanya didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I ini bernilaikan simbolis dan bersifat magis yang menghubungkan laut selatan, Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi.

Bagi yang belum pernah melihat Tugu Pal Putih, tugu ini sendiri memiliki warna putih sehingga dinamakan demikian. Bentuknya bulat panjang dan dilengkapi dengan bola kecil, serta ujung yang meruncing ke bagian atas. Jika Anda berkunjung kesana, Anda bisa menjadikan tugu yang satu ini sebagai salah satu spot foto menarik yang sayang sekali jika dilewatkan.

Seklias Informasi Tentang Tugu Pal Putih Jogja

Suasana Tugu Jogja

Tugu Yogyakarta ini mulai dibangun sejak tahun 1755 silam. Pembangunannya sendiri dilakukan oleh Sri Sultan HB I. Sejak awal didirikan, tugu ini sudah dijadikan sebagai symbol persatuan rakyat atau disebut dengan Manunggaling Kawula Gusti. Dulunya, tugu ini sendiri dijadikan sebagai arah bagi Sultan Hamengku Buwono ketika bermeditasi.

Pada tanggal 10 Juni 1867, akibat terjadinya gempa bumi yang mengguncang Yogyakarta. Tugu ini hancur dan dirubah total, mulai dari bentuknya saja sudah berbeda dari tugu yang sebelumnya dibuat oleh Sri Sultan HB I.

Baca juga, Masjid Jogokariyan, Wisata Religi dan Budaya Kota Yogyakarta

Dimana Lokasi Landmark Jogja ini?

Bagi Anda yang dating berkunjung ke Yogyakarta pertama kali. Tentu Anda akan bingung untuk menuju ke lokasi tugu ini berada. Lokasi tugu ini berada di tengah-tengah perempatan Jalan Jenderal Soedirman, Jalan Diponegoro Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan A.M. Sangaji.

Rute Jalan Menuju Tugu Pal Putih dari Berbagai Arah

Selain letaknya yang sangat strategis, banyak juga rute yang bisa ditempuh untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini. Anda hanya perlu menuju langsung ke Jalan Pangeran Mangkubumi (bagian Selatan), Jalan Jenderal Sudirman (bagian Timur), Jalan A.M. Sangaji (bagian Utara), dan Jalan Diponegoro (bagian Barat).

  • Jika Anda bertolak dari arah Surabaya-Solo, maka Anda bisa berjalan lurus mengikuti Jalan Solo ke arah barat melewati bawah jembatan Janti dan sampailah Anda di tugu tersebut.
  • Sedangkan bila Anda bertolak dari Jakarta-Purwokerto, maka setelah melewati Pasar Gamping Anda akan mendapati pertigaan lampu merah yang merupakan akses masuk ke Ringroad Yogyakarta. Setelah itu, Anda lurus ke arah perempatan Gamping dan belok ke kanan arah timur hingga menemukan tugu tersebut.
  • Jika Anda bertolak dari Semarang-Magelang, maka Anda bisa masuk ke arah jalan Ringroad Yogyakarta. Setelah itu, berbeloklah ke arah timur hingga ke monumen Yogya kembali di bagian kiri jalan. Setelah itu Anda langsung belok ke arah kanan dan lurus hingga sampai di tujuan Anda.

Hal yang Menarik dari Tugu Pal Putih

Hal Menarik Tugu Jogja

Banyak hal yang menarik untuk berkunjung ke tugu terkenal di kawasan Yogyakarta ini. Selain mengabadikan foto bersama dengan tugu bersejarah tersebut. Banyak juga aneka kegiatan unik dan menarik yang bisa dilakukan langsung oleh para wisatawan, di antaranya berfoto tepat di depan tugu, memeluk dan mencium tugu, menikmati suasana Kota Yogyakarta, dan sekadar memandangi tugu yang memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta.

Baca juga, D’Walik, Wisata Selfie Unik yang Harus Anda Kunjungi di Yogyakarta

Biaya Tiket Masuk Gratis

Tidak perlu khawatir ketika Anda berkunjung ke tugu yang satu ini. Karena, siapa saja boleh untuk berkunjung ke lokasi wisata ini secara gratis alias tanpa dipungut biaya apapun. Bahkan, ketika Anda sedang tidak sengaja melintas di kawasan ini. Anda bisa sewaktu-waktu menghentikan kendaraan di tempat yang tersedia dan mengabadikan foto dibalik tugu nan cantik ini.

Wisata Lain di Sekitar Tugu Pal Putih

Selain mengunjungi wisata ini, berikut beberapa wisata lainnya bisa juga menjadi tempat persinggahan usai Anda menikmati kecantikan tugu putih ini, antara lain:

  • Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan, apalagi bagi Anda yang sangat suka dengan wisata belanja. Jadi, setelah Anda mengunjungi tugu, Anda bisa langsung menuju ke pasar ini untuk berburu barang-barang atau oleh-oleh khas Yogyakarta.

  • Keraton Yogyakarta

Tak jauh dari tugu, berdiri dengan megah bangunan Keraton Yogyakarta yang juga bisa Anda kunjungi usai Anda datang ke tugu putih tersebut.

  • Taman Pintar

Taman Pintar sendiri juga menjadi salah satu wisata edukasi yang kerap kali dikunjungi oleh anak-anak usia sekolah di saat piknik bersama dengan pihak sekolah.

Tips saat Mengunjungi Tugu Pal Putih

Jika Anda hendak berkunjung ke lokasi wisata ini, cobalah untuk memerhatikan beberapa hal sebagai berikut, seperti:

  • Berkunjunglah di waktu-waktu yang bebas dari kemacetan sehingga Anda dapat dengan leluasa mencapai tugu dan berfoto bersamanya.
  • Selalu waspada dan berhati-hati ketika hendak berfoto di tugu tersebut.
  • Selalu menjaga kebersihan di sekitar lokasi tempat wisata.
  • Bawalah kamera dengan kualitas yang baik, agar hasil foto Anda baik dan instagramable.

Kota Yogyakarta sendiri memang cukup menarik wisatawan untuk datang dan berlama-lama di sana. Salah satu daya tariknya sendiri adalah adanya Tugu Pal Putih yang nyatanya sudah berdiri sejak lama, bahkan sejak Belanda masuk ke Indonesia. Meski sudah mengalami sejumlah renovasi, akan tetapi tugu ini tetap berdiri kukuh dan menjadi simbol bagi Kota Yogyakarta.

Baca juga, Jogja National Museum, Destinasi Terbaik Bagi Pecinta Kesenian

Bagi Anda yang senang berkunjung ke Kota Yogyakarta, Anda juga bisa mengunjungi sederet wisata lainnya yang juga berada satu kompleks dengan Tugu Pal Putih Yogyakarta ini. Anda tak perlu ragu untuk berkunjung ke aneka wisata di sekitar tugu ini karena beberapa tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali sehingga bisa menjadi wisata gratis yang mengesankan.

Rate this post