Kulonprogo tampaknya layak dijuluki primadona baru Jogja dalam bidang pariwisata alamnya. Berada di gugusan Perbukitan Menoreh membuat kabupaten ini menjadi salah satu wilayah yang kaya akan wisata alam dengan panorama keindahannya yang mempesona. Tak heran jika para wisatawan pun sudah banyak yang melirik daerah ini sebagai salah satu destinasi wisata.

Sejak tahun 1994, di daerah ini sudah dibangun salah satu waduk terbesar yaitu Waduk Sermo untuk membantu sistem irigasi di daerah Kalibawang yang areanya mencakup 7.152 hektar. Saat ini, waduk ini tidak hanya difungsikan sebagai irigasi dan sumber air bersih bagi masyarakat di sekitarnya akan tetapi Waduk ini juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit.

Daya Tarik Waduk Sermo

Waduk Sermo

Waduk ini dibangun untuk membendung Kali Ngrancah sebagai sumber irigasi dan diresmikan pada tanggal 20 November 1996 oleh Presiden Soeharto. Fungsi utama waduk ini adalah sebagai sumber air bersih untuk PDAM dan irigasi persawahan penduduk yang terdapat di sekitar Wates. Keberadaan Waduk Sermo ini pun menjadi sumber rezeki dan banyak warga yang bergantung akan air yang ada di sini.

Baca juga, Desa Wisata Brajan, Pusatnya Wisata Kerajinan di Jogja

Selain memiliki fungsi utama tersebut, Waduk juga sering dijadikan salah satu tempat latihan maupun lomba dayung. Waduk dengan luas sekitar 157 hektar ini dulunya merupakan kawasan pemukiman. Banyak warga yang harus ditransmigrasikan ke Bengkulu dan Riau demi terbangunnya waduk ini. Waduk Sermo selain terkenal dengan wisata alamnya, di tempat ini juga bisa menjadi salah satu sarana edukasi.

Panorama keindahan bukit hijau di Perbukitan Menoreh pun menjadikan pemandangan di sekitar waduk sermo ini sangat mempesona. Salah satu momen yang banyak ditunggu oleh para wisatawan adalah ketika senja tiba dan tak jarang anak muda yang hobi hunting foto datang menunggu waktu sore hingga matahari tenggelam. Waduk dengan luas sekitar 157 hektar ini.

Fasilitas yang Tersedia di Waduk Sermo

Sebagai tempat wisata yang dikelola dengan sangat profesional mengingat fungsi utamanya sebagai sumber irigasi, Waduk ini juga dilengkapi fasilitas yang mendukung kebutuhan para wisatawan. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di Waduk Sermo:

  • Fasilitas pemancingan dengan ikan “setan merah” sebagai ikan predator utama di Waduk Sermo
  • Perahu wisata yang disewakan untuk mengelilingi Waduk sambil menikmati keindahan Bukit Menoreh dan udara sekitar yang sejuk
  • Camping ground
  • Villa
  • Warung makan
  • Toilet umum
  • Bengkel
  • Rumah jamur
  • Rumah panggung
  • Gardu pandang

Rute dan Lokasi

Waduk Sermo Jogja

Lokasi tempat wisata Waduk berada di Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 90 menit dari pusat Kota Jogja dengan jarak sekitar 40 kilometer. Lokasi ini sangat dekat dengan tempat wisata hits seperti Kalibiru dan Taman Munggur yang mana para wisatawan bisa mengambil foto terbaik dengan background Waduk Sermo di spot ini. Tak jarang banyak tersedia paket wisata yang sekaligus mengajak para wisatawan untuk berwisata ke beberapa tempat lainnya yang lokasinya tidak jauh dari Waduk Sermo.

Baca juga, Desa Wisata Gamplong, Belajar Berbagai Macam Kerajinan di Jogja

Rute yang harus dilewati untuk bisa sampai di tempat ini adalah dari pusat Kota Jogja – ambil arah ke Jalan Wates – lurus terus hingga menemukan patung kuda di barat alun-alun – ikuti petunjuk arah menuju Waduk Sermo. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dan jika datang rombongan tentu bisa menggunakan jasa sewa bus yang biasa ditawarkan oleh agen tour dan wisata.

Harga Tiket Masuk

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Waduk Sermo Jogja ini ditawarkan dengan harga terpisah dari tiket masuk atau retribusi. Sehingga untuk dapat menikmati wahana lainnya para wisatawan harus merogoh kocek lebih banyak. Berikut ini range tarif dan biaya jika ingin berlibur ke Waduk Sermo:

Parkir sepda motorRp. 2.000,00
Parkir mobilRp 3.000,00
Parkir busRp 10.000,00
Tiket masuk dewasaRp 5.000,00 per orang
Foto di gardu pandangRp 10.000,00 per orang
Wisata keliling wadukRp 6.000,00 per orang
Sewa perahu wisataRp 30.000,00 per perahu

Bisa menikmati pemandangan alam yang indah ditambah udara yang sejuk tentu akan menjadi momen refreshing yang tepat untuk melepaskan penat.

Rate this post