Ada beberapa orang yang lebih suka merefresh pikirannya dengan cara menikmati keindahan alam dari ketinggian. Hal ini tentu saja tidak sulit dilakukan karena di Indonesia sendiri ada banyak bukit yang cocok untuk itu. Sebut saja salah satunya Watu Amben, yang ada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Sejarah mencatat bahwasanya bukit  ini dahulunya merupakan tempat peristirahatan petinggi kerajaan Mataram. Dan sebelum dikenal sebagai tempat wisata seperti sekarang, lokasi ini juga dijadikan sebagai tempat beristirahat oleh penduduk sekitar saat mereka sedang mencari rumput bagi hewan ternaknya.

Keistimewaan Watu Amben Sebagai Bagian dari Wisata Jogja

Nama Watu Amben itu sendiri berasal dari bahasa Jawa, yang jika hendak diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, artinya adalah batu ranjang atau tempat tidur. Rupanya nama ini mengacu pada pemanfaatannya di zaman dahulu yang memang dipakai sebagai tempat untuk beristirahat.

Sunset di Watu Amben

Terlepas dari asal usul nama Watu Amben, tidak bisa dipungkiri bahwa objek wisata satu ini menyimpan sejumlah keistimewaan. Diantara keistimewaan yang dimiliki oleh Watu Amben ialah sebagai berikut.

Menyajikan Pemandangan Yogyakarta

Dari ketinggian Watu Amben, Anda akan bisa melihat pemandangan Yogyakarta secara lebih luas. Jika kebetulan cuaca sedang cerah, maka Anda juga bisa melihat pemandangan 3 gunung sekaligus yaitu Gunung Sumbing, Gunung Merbabu dan Gunung merapi. Sangat bagus bila dijadikan latar belakang foto.

Baca juga wisata lainnya: Watu Goyang Mangunan

Kondisi Alam yang Masih Asri

Selain menyajikan pemandangan Yogyakarta, kondisi alam Watu Amben ini juga masih asri. Anginnya begitu segar dan sejuk, sementara pemandangan di bawahnya tampak hijau karena banyaknya tumbuh-tumbuhan.

Sunset dan Bintang

Waktu yang sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke Watu Amben ialah sore hari dan malam hari. Mengapa demikian? Karena pada saat sore hari, Anda bisa menyaksikan indahnya sunset atau matahari terbenam. Sementara pada malam hari, Anda dapat menyaksikan bintang-bintang yang bercahaya di langit, sama seperti ketika Anda berada di Bukit Bintang.

Tapi, bukan hanya langitnya saja yang indah saat malam hari, pemandangan bawahnya juga sangat bagus, karena saat malam seperti ini Kota Yogyakarta akan bersinar akibat lampu-lampu penduduk yang menyala.

Sayangnya, tempat wisata ini kurang cocok untuk Anda yang ingin menikmati sunrise, sehingga Anda disarankan untuk datang ke tempat lain jika ingin menikmati momen matahari terbit tersebut. Namun, kalau hanya sekedar menikmati pemandangan Yogyakarta saat pagi hari, bolehlah Anda datang ke bukit satu ini.

Terdapat Batu Berukuran Besar

Disebutkan bahwa di lokasi objek wisata bukit satu ini terdapat sebuah batu yang ukurannya besar dan rata, yang sekilas mirip seperti ranjang. Batu ini terdapat di tepi jurang dan tertanam dengan cukup kuat. Pun demikian, jika Anda bermaksud untuk menaikinya, harap berhati-hati ya.

Lokasi Watu Amben Dekat Bukit Bintang

Lokasi Watu Amben ini ialah di salah satu puncak bukit Seribu, tepatnya di Dusun Pandeyan, Desa Girimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Sekedar informasi, ternyata objek wisata ini masih berdekatan dengan objek wisata lainnya, yaitu Bukit Bintang.

Kunjungi juga: Watu Payung Panggang

Hanya saja lokasi Watu Amben agak lebih ke dalam lagi sehingga cenderung sepi dari kendaraan. Tapi ini justru inilah kelebihannya. Anda bisa jadi lebih leluasa menikmati ketenangan saat berada di sana. Udaranya juga sejuk dan ini seolah menjadi kombinasi yang tepat untuk mengatasi pikiran yang tengah penat.

Namun, karena tempat ini cenderung sepi dari kendaraan, maka untuk pergi ke sana Anda harus sewa motor harian jogja atau mobil terlebih dahulu. Atau mau membawa kendaraan pribadi juga bisa. Yang pasti, jangan mengandalkan transportasi umum, karena belum ada transportasi umum yang menuju ke lokasi ini langsung.

Pemandangan dari Watu Amben

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Watu Amben

Sejatinya, Watu Amben ini merupakan objek wisata yang masih dikembangkan, sehingga tidak heran jika fasilitas yang tersedia masih sederhana. Diantara fasilitas-fasilitas yang ada ialah beberapa spot foto, area parkir, warung yang menjual makanan dan minuman serta gazebo. Namun kedepannya tempat ini bisa menjadi salah satu yang pastinya banyak dimasukan dalam paket wisata jogja 3 hari.

Kecuali beberapa fasilitas, keistimewaan yang dimiliki oleh wisata ini bisa Anda nikmati secara gratis. Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja yang besarnya hanya Rp 2.000 untuk motor, dan untuk mobil Rp 5.000.

KeteranganHarga
Parkir MotorRp 2.000,00
Parkir MobilRp 5.000,00

Watu Amben ini bisa Anda jadikan alternatif selain Bukit Bintang. Anda bisa datang ke bukit ini kapan saja, namun sebaiknya Anda ajak teman ikut serta ya, supaya bisa menikmati pemandangan alam bersama-sama.