Watu Goyang Mangunan
5 (100%) 1 vote[s]

Jika berbicara soal Yogyakarta, tentu tak akan jauh-jauh dari budaya, kuliner dan wisatanya. Terutama mengenai wisata, daerah yang mempunyai semboyan Hamemayu Hayuning Bawana ini telah cukup sering memperkenalkan objek wisata baru kepada para wisatawan.Salah satu objek wisata yang namanya mulai diperkenalkan jelang akhir tahun 2016 yang lalu ialah Watu Goyang Mangunan.

Objek wisata Yogyakarta satu ini berada di atas ketinggian Bukit Mangunan, dan kehadirannya sendiri cukup menarik perhatian. Salah satu alasannya adalah karena Watu Goyang dilengkapi dengan sejumlah spot yang bagus untuk aktifitas fotografi.

Berbagai Hal yang Menyebabkan Watu Goyang Begitu Menarik

Apabila dilihat secara sepintas saja, Watu Goyang ini tak ubahnya seperti bukit lain yang dipenuhi oleh pepohonan. Meski demikian, sudah banyak wisatawan yang datang bertandang ke sana. Beberapa hal yang membuat objek wisata ini begitu menarik untuk dikunjungi ialah sebagai berikut.

Adanya Batu Besar Bernama Watu Goyang

Nama Watu Goyang yang disematkan pada objek wisata ini sejatinya adalah nama dari sebuah batu. Batu ini berada di atas bukit, yang katanya dapat bergoyang apabila diberi sentuhan atau dorongan. Berdasarkan cerita, batu ini sudah ada sejak ratusan yang lalu. Batu ini diketahui cukup kuat, karena sekalipun Yogyakarta pernah diguncang gempa tahun 2006 dulu, batu sama sekali tidak bergeser dari tempatnya.

Kunjungi juga wisata: Bukit Klangon Merapi

Meski dinyatakan aman, pengunjung tetap tidak diperbolehkan untuk memanjat batu Watu Goyang. Larangan ini diperkuat dengan adanya tulisan ‘Jangan Naik Berbahaya’ yang ditempel langsung di batu tersebut. Kalau Anda ingin berfoto, cukup dengan berdiri di samping batu saja.

Bisa Naik Helikopter Gratis

Selain adanya batu besar yang merupakan ikon dari objek wisata Watu Goyang, di sini juga ada helikopter yang dapat dinaiki oleh pengunjung secara gratis. Tentu saja helikopter ini hanyalah replika yang yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola untuk keperluan aktifitas fotografi.

Helikopter tersebut dibuat dari anyaman bambu dan untuk menggapainya, pengunjung perlu menaiki tangga yang terbuat dari kayu terlebih dahulu. Posisi helikopter ini ada di puncak batu, sehingga dengan berada di dalamnya, pengunjung dapat melihat pemandangan dengan lebih luas.

Spot Foto Watu Goyang

Spot Foto Kupu-Kupu, I Love U dan Taman Bunga

Watu Goyang juga menyajikan spot foto lain yang berupa kupu-kupu raksasa dan tulisan I Love U yang dibuat dari bambu. Di sini juga ada taman bunga yang di dalamnya tumbuh berbagai jenis bunga, salah satunya ialah bunga matahari.

Ada Jembatan Bambu dan Spot TV

Selain berbagai hal yang telah disebutkan sebelumnya, di Watu Goyang ini juga ada jembatan bambu yang cukup panjang mengelilingi bukit. Tentu saja jembatan ini juga bagus untuk dijadikan latar berfoto. Namun sebelum melakukannya, pastikan bahwa kondisinya aman karena jembatan ini mempunyai kapasitas maksimal hanya sampai 20 orang.

Lebih lanjut lagi, di Watu Goyang juga ada spot TV. Di spot ini terdapat sebuah kursi, sebuah meja dan sebuah televisi lawas. Jika Anda berfoto di spot ini, maka Anda dapat berpose seolah sedang menonton televisi di ketinggian.

Pemandangannya Indah

Tak hanya unggul dari sisi spot fotonya saja, Watu Goyang juga jempolan dalam hal pemandangannya. Terbukti saat pengunjung datang pada pagi hari, maka dia akan menyaksikan kabut yang menyelimuti daerah bagian bawah.

Sementara jika datang saat sore hari, maka pengunjung akan disajikan pemandangan yang berupa sunset. Nah kalau malam, pemandangannya akan berubah menjadi seperti yang ada di Bukit Bintang.

Lebih dari itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan hijau yang berupa hutan pinus lengkap dengan Gunung Merapi. Dari posisi ini pula, makam raja-raja Imogiri dapat terlihat. Dan semua itu dapat dinikmati sejak pukul 05.00 sampai dengan pukul 22.00, karena rentang waktu itu adalah jam operasionalnya Watu Goyang ini.

Fasilitas di Watu Goyang

Selain dilengkapi dengan spot untuk fotografi, Watu Goyang juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung lain yang diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Tempat parkir
  • Warung
  • Mushola
  • Toilet
  • Penyewaan jeep
  • Gazebo
  • Gardu pandang

Lokasi Watu Goyang dari Kota Yogyakarta

Lokasi Watu Goyang ini ada di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Tepatnya adalah di Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo. Jika perjalanan dimulai dari pusat Kota Yogyakarta, maka waktu yang diperlukan untuk bisa mencapai lokasi ini adalah sekitar 40 menit.

Lokasi ini juga termasuk lokasi yang sangat mudah untuk ditemukan, karena berdekatan dengan sejumlah objek wisata lain yang juga populer di Kecamatan Dlingo. Jika kamu ingin sekalian mengunjungi wisata lainnya seperti jurang tembelan dan hutan pinus pengger, maka sebaiknya beli paket wisata jogja 1 hari.

Harga Tiket Masuk ke Watu Goyang

Wisata Watu Goyang Mangunan

Harga tiket masuk Watu Goyang berikut dengan tarif parkirnya sangatlah terjangkau. Informasi range harga yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 2.500,00
Parkir Moto Rp 3.000,00
Parkir Mobil Rp 7.000,00
Sewa Jeep Keliling Rp 150.000,00

Sebelum pergi baca dulu: Watu Payung Panggang

Sangat terjangkaunya tiket masuk dan biaya lain-lain di Watu Goyang, menjadikan objek wisata Bantul satu ini sangat pas untuk didatangi saat liburan yang akan datang. Spot foto yang dimiliki oleh Watu Goyang Mangunan ini juga selalu siap untuk dijadikan objek oleh Anda. Soal transportasi juga tidak sulit. Jika Anda tidak bisa membawa kendaraan pribadi karena sejumlah alasan, Anda dapat memanfaatkan jasa sewa motor harian jogja atau mobil sebagai gantinya.