Jika menyinggung tentang daerah-daerah Indonesia yang kaya akan potensi wisata, maka Kabupaten Gunungkidul harus ikut disertakan di dalamnya. Pasalnya, kabupaten dengan semboyan Handayani ini memang menyimpan sejumlah objek wisata yang sangat indah. Sebut saja salah satunya Watu Payung Panggang yang konsepnya sama dengan Kebun Buah Mangunan.

Objek wisata yang juga disebut sebagai Geoforest Watu Payung Gunungkidul ini mempunyai suasana yang masih asri. Karenanya Anda dapat menjadikan objek wisata satu ini sebagai sasaran saat sedang ingin menjauh dari suasana perkotaan.

Daya Tarik Objek Wisata Watu Payung Panggang Gunungkidul

Area wisata ini masih termasuk dalam Hutan Konservasi Yogyakarta. Untuk mencapainya, Anda perlu menaklukkan jalanan yang kondisinya menanjak serta berkelok terlebih dahulu. Tapi, setelah Anda berhasil menaklukkan jalanan tersebut, Anda akan menemukan sejumlah alasan kenapa objek wisata satu ini begitu menarik perhatian.

  • Adanya Batu Besar Berbentuk Payung

Asal mula kenapa objek wisata ini dinamakan Watu Payung ialah karena di sekitar kawasan tersebut ada sebuah batu besar. Batu besar ini bagian atasnya lebih lebar dibandingkan bagian bawahnya sehingga tampak mirip seperti payung. Oleh masyarakat, batu ini juga dinamakan Batu Payung atau Watu Payung sehingga jadilah tempat wisata di sana juga disebut dengan nama itu.

  • Sajikan Panorama Alam Perbukitan yang Indah

Watu Payung Panggang adalah objek wisata yang menawarkan pemandangan alam perbukitan Sewu. Pastinya, pemandangan ini sangat cocok bila dijadikan latar belakang foto. Sementara di bagian bawahnya terdapat lembah Sungai Oya yang akan membuat hasil pengambilan foto jadi lebih bagus lagi.

Sunset di Watu Payung

  • Sajikan Pemandangan Sunrise dan Sunset

Yang membuat tempat ini begitu istimewa ini bukan hanya pemandangan hijaunya saja, tetapi juga sunset dan sunrisenya. Seperti yang Anda tahu, sunset dan sunrise ini termasuk dua fenomena alam yang banyak diburu oleh orang-orang.

Kunjungi wisata keren lainnya, Bukit Pengilon

Tidak sedikit loh wisatawan yang datang saat pagi hari atau bahkan menginap di lokasi demi bisa menikmati sunrise. Ada juga wisatawan yang bertahan sampai sore agar bisa menikmati sunset.

  • Sajikan Pemandangan Tak Biasa Berupa Kabut yang Sangat Bagus

Pada saat pagi hari dan sore hari, kawasan wisata ini sering dikelilingi oleh banyak kabut. Kondisi ini akan menimbulkan sensasi seolah-olah Anda berada di atas awan.

  • Terdapat Gardu Pandang untuk Menikmati Pemandangan

Lokasi wisata ini sudah mempunyai gardu pandang yang dapat dimanfaatkan untuk menikmati pemandangan dengan lebih nyaman. Gardu pandang ini juga menjadi tempat yang tepat jika Anda ingin menunggu sunset atau sunrise tiba.

Lokasi dan Cara Menuju Watu Payung Panggang

Lokasi objek wisata Watu Payung Panggang ini adalah di Dusun Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Yogyakarta, maka Anda memerlukan waktu sekitar satu jam supaya bisa mencapai lokasi tersebut.

Tentunya agar bisa tiba di sana, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa juga bisa. Sesuaikan saja dengan kondisi Anda. Atau kalau Anda ingin menikmati sejumlah paket wisata 4 hari ke jogja yang ditawarkan oleh agen wisata dengan salah satu tujuannya adalah Watu Payung Panggang juga bisa.

Fasilitas yang Tersedia di Watu Payung Panggang

Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Adapun fasilitas yang dimaksud ialah sebagai berikut.

  • Gazebo
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Tempat Parkir
  • Mushola

Harga Tiket Masuk Watu Payung Panggang

Sebagai tambahan informasi, tiket masuk Watu Payung Panggang ini masih belum ada alias gratis. Untuk masuk ke sana, Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja yang besarnya hanya Rp 2.000. Tentunya, masalah tiket masuk dan harga parkir ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Geoforest Watu Payung Turunan

Lihat juga: Bukit Paralayang Watugupit

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Biaya ParkirRp 2.000,00

Untuk ke depannya, kabarnya Watu Payung Panggang masih akan dikembangkan lagi dan akan ditambahkan sejumlah fasilitas seperti arena outbond dan wahana-wahana lainnya. Jadi, Anda mau datang ke sana kapan? Sekarang atau nanti setelah objek wisata Gunungkidul ini dikembangkan? Kapanpun Anda mau ke sana, pastikan memilih layanan sewa mobil innova terbaik karena memang jaraknya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.