Sebagai gunung yang sangat ikonik, ada beberapa wisata merapi jogja untuk mengenal lebih jauh tentang gunung yang penuh dengan larva tersebut.

Hanya dengan mengusung konsep merapi, membuat beberapa wisata di jogja turut menjadi perhatian dan diburu para wisatawan. Di bawah ini merupakan daftar tempat wisata di jogja dengan konsep merapi:

Wisata Merapi Jogja Yang Istimewa

1. Wisata Lereng Gunung Merapi

Lereng Gunung Merapi @sudarsanasudarsono

Lereng Gunung Merapi @sudarsanasudarsono

Destinasi wisata ini adalah ke dalam ekstrim. Karena harus melalui jalan yang penuh dengan pasir dan menyeramkan. Disamping kesan seram, wisata Lereng Gunung Merapi adalah satu-satunya cara yang tepat untuk mengeksplorasi lereng gunung secara langsung.

Lihat juga Wisata Jogja Terhits

Umumnya setiap orang akan mendapatkan sebuah mobil trail yang dapat digunakan untuk mengelilingi lereng merapi. Kondisi lereng merapi yang penuh dengan pasir dan bebatuan menjadikan kawasan tersebut hanya dapat dilalui dengan mobil trail.

Mengendarai mobil trail di tempat yang ekstrim bukan merupakan hal yang mudah. Oleh karena itu, bagi perempuan sebaiknya minta jasa pemandu mobil trail. Dengan hal tersebut, dapat mengelilingi lereng gunung merapi dengan nyaman.

2. The World Landmark Merapi Park

The World Landmark Merapi Park @mamiiumamii

The World Landmark Merapi Park @mamiiumamii

Destinasi wisata ini tidak mengusung konsep gunung merapi. The World Landmark hanya destinasi wisata budaya yang letaknya tepat di kawasan lereng gunung merapi.

The World Landmark Merapi Park menyajikan berbagai macam replika bangunan yang menjadi ikon suatu negara. Misalnya menara pisa Italia, kincir angin Belanda, Big Bang Inggris, piramida Mesir hingga patung liberty Amerika.

Hanya dengan mengunjungi The World Landmark Merapi Park serasa mengelilingi dunia. Karena dapat menyaksikan bangunan-bangunan yang mempunyai peran penting di setiap negara.

3. Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan @aiuxcie

Stonehenge Cangkringan @aiuxcie

Destinasi wisata ini ini hanya sebuah replika dari Stonehenge yang terletak di Wiltshire, Inggris. Posisi dan letak batu dari Stonehenge Cangkringan hampir menyerupai dengan Stonehenge asli Inggris.

Perbedaan antara Stonehenge Cangkringan dan Inggris terletak pada batu pembuatan. Stonehenge Inggris terbuat dari batu asli. Sementara untuk Stonehenge Cangkringan hanya terbuat dari batu yang terbentuk secara alami dari abu vulkanik gunung berapi. Jadi batuan tersebut hanya merupakan erupsi semata.

Walaupun susunan hampir sama, tetapi warna Stonehenge Cangkringan jauh lebih pucat dan kusam. Hal tersebut disebabkan karena kondisi batu yang hanya hasil dari erupsi abu vulkanik gunung berapi.

Stonehenge sendiri merupakan salah satu bagian dari stone circle yang selama ini masih menjadi misteri. Kawasan stone circle di temukan di berbagai macam belahan dunia dan semua stone circle adalah peninggalan prasejarah pada zaman batu. Masing – masing dari temuan stone circle mempunyai bentuk batu yang berbeda – beda. Semua susunan batu tersebut membentuk sebuah lingkaran.

Kawasan stone circle yang kini masih dalam penelitian untuk mengetahui secara pasti fungsi dari bangunan prasejarah tersebut. Di samping penelitian tersebut, pesona dari Stonehenge Cangkringan menjadi ikon wisata Lereng Gunung Merapi yang sangat khas dengan nuansa Britania.

4. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem Merapi @vistagrdevy

Bunker Kaliadem Merapi @vistagrdevy

Bunker Kaliadem ini adalah sebuah bangunan yang mempunyai kenangan akan letusan gunung merapi yang terjadi beberapa tahun lalu. Terletak di lereng gunung merapi, bangunan ini mempunyai fungsi yang sangat berguna bagi keadaan genting. Khususnya ketika status Gunung Merapi berada di keadaan siaga 1.

Bangunan bawah tanah ini hanya sebuah benteng pertahanan sekaligus perlindungan terhadap erupsi gunung berapi, terutama abu vulkanik yang berhamburan di setiap tempat. Ketika berlindung di Bunker ini terasa cukup aman untuk melindungi diri sendiri dari letusan gunung merapi yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

5. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi @boeysiewngut

Museum Gunung Merapi @boeysiewngut

Destinasi wisata merapi jogja dengan konsep gunung merapi yang paling kental adalah MGM / museum gunung merapi. Destinasi wisata ini merupakan destinasi wisata favorit setiap orang. Setiap pengunjung pasti akan memperoleh pengetahuan secara detail mengenai Gunung Merapi.

Ada berbagai macam ilmu pengetahuan tentang gunung ketika mengunjungi museum ini. Tetapi untuk pengetahuan yang paling istimewa adalah momen terjadinya gunung meletus. Moment tersebut juga menjadi salah satu alasan didirikan tempat observasi alam ini.

Di museum ini terdapat miniatur dari replika gunung berapi. Replika tersebut dapat mendeskripsikan secara langsung kondisi ilmiah tentang gempa bumi. Mulai dari tanah yang bergetar, munculnya asap hitam hingga larva dari gunung berapi.

Museum Gunung Merapi bukan hanya sekedar memusatkan observasi tentang gunung, namun lautan juga terdapat di museum ini. Sehingga bukan hanya moment terjadinya gempa bumi, namun moment terjadinya tsunami juga tersedia di tempat observasi ini.

Lihat juga Tempat Wisata Malam Jogja

Selain itu tujuan lain didirikannya museum Gunung Merapi adalah untuk meningkatkan kesadaran semua orang untuk selalu waspada dengan berbagai macam bencana alam. Berbagai macam bahaya juga dijelaskan secara rinci. Sehingga semua orang sangat diharapkan supaya mementingkan keselamatan diri sendiri daripada harta benda.

Dari daftar tempat wisata merapi jogja, masih ada tempat wisata lain yang terletak di kawasan lereng gunung merapi. Namun hanya tempat wisata tersebut yang sangat melekat dengan konsep gunung merapi.