Wisata pantai di Jogja menjadi salah satu wisata alam yang paling banyak digemari oleh wisatawan. Yogyakarta memiliki banyak pantai dengan pemandangan alam indah dan pasir putih yang siap untuk anda nikmati.

Setiap pantai juga memiliki kekhasan tersendiri sehingga menarik untuk dikunjungi. Selain itu, sepanjang pantai di Gunungkidul hanya terdapat satu retribusi yang bisa anda gunakan untuk menikmati berbagai deretan pantai di sekitarnya.

Pesona Wisata Pantai di Jogja

1. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan @dahliafitriyanti

Pantai Sadranan @dahliafitriyanti

Pantai sadranan merupakan salah satu pantai tersembunyi yang berada di Gunung Kidul Yogyakarta. Selain Memiliki Pemandangan alam yang indah, pantai ini juga memiliki arus ombak yang tenang sehingga aman untuk bermain air. Ombak yang tenang tersebut juga sangat aman untuk digunakan sebagai tempat wisata anak. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut, pantai ini menyediakan fasilitas snorkeling yang patut anda coba.

Jika anda tidak membawa peralatan menyelam, bisa menyewa alat-alat tersebut di pinggiran pantai. Untuk penyewaan biaya tersebut dinilai biaya sewa sebesar Rp 35.000 saja. Menariknya pihak pengelola juga menyediakan jasa pemandu untuk menemani kegiatan snorkeling anda. Bagi anda yang penasaran dengan keindahan tersebut, bisa langsung mengunjungi pantai Sadranan kapan saja.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti @dellamarza

Pantai Indrayanti @dellamarza

Pantai Indrayanti bukan tergolong pantai baru, karena sudah dibuka untuk wisata sejak beberapa tahun yang lalu. Pantai ini sangat terkenal dengan pantai yang bersih sehingga sangat cocok bagi anda yang selama ini berpikir pantai adalah tempat yang kotor. Sistem[at ini anda bisa menikmati pemandangan laut yang indah, dipadukan dengan pasir putih yang bersih.

Untuk menikmati pantai tersebut, anda bisa menyewa gazebo yang banyak disewakan di pinggir pantai. Anda juga bisa beristirahat sembari menikmati sajian makanan dan minuman yang ada. Suasana akan menjadi lebih indah ketika anda berkunjung pada pagi atau sore hari untuk menikmati indahnya matahari terbit dan tenggelam. Suasana tersebut sangat cocok bagi anda yang  ingin menikmati suasana romantis bersama teman atau pasangan nada.

3. Pantai Timang

Pantai Timang @noviaameliaa

Pantai Timang @noviaameliaa

Wisata pantai Jogja sangat terkenal dengan pantai Timang yang berada di Gunung Kidul Yogyakarta. Jika beberapa rekomendasi pantai sebelumnya memiliki arus ombak yang tenang, pantai Timang cenderung lebih deras. Pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin menguji adrenalin dengan tempat wisata yang paling ekstrem. Pantai ini menyediakan wahana yang unik dan menyeramkan yaitu kereta gantung. Jika anda biasanya melihat kereta gantung di tempat lain, kereta gantung disini terletak di atas pantai untuk menghubungkan dua pulau. Gantung ini digunakan untuk membawa pengunjung dari bibir pantai menuju tengah laut yaitu pulau watu panjang.

Salah satu hal yang paling menarik dan menguji adrenalin adalah selama dalam perjalanan tersebut. ditengah gantungan kereta anda akan mendapati berbagai godaan seperti ombak yang berdebur keras, suara ombak yang menerjang karang hingga angin yang kencang. Jarak yang akan dilalui di kereta gantung adalah 100 meter dan hanya bisa dilalui oleh satu orang saja.

4. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan @annisaaruan09

Pantai Ngrenehan @annisaaruan09

Pantai ini bisa anda nikmati hanya dengan biaya Rp 5000 saja. Berbeda dengan beberapa pantai sebelumnya, pantai ini lebih banyak digunakan untuk menikmati kuliner seafood. Di Pinggiran pantai ini terdapat beberapa penjual yang menjajakan kuliner seafood  dengan berbagai macam olahan.

Selain dari segi kuliner, perbedaan pantai ini dengan pantai sebelumnya adalah pasir pantai yang berwarna coklat. Di Pantai tersebut anda bisa mendapat banyak nelayan yang membawa tangkapan ikan segar. Anda bisa  membeli ikan dan seafood segar langsung dari nelayan yang menepi . selain itu hal menarik dari pantai ini adala dijadikan sebagai tempat upacara melati oleh umat Hindu. Namun untuk melihat upacara tersebut anda harus berkunjung pada waktu yang tepat.

5. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo @ichamuuuu

Pantai Wediombo @ichamuuuu

Pantai wediombo merupakan salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Pantai ini memiliki hamparan pasir hitam yang luas dan karang-karang kecil di pinggir pantai. Hamparan bukit dan pegunungan juga menjadi pemandangan indah yang berpadu dengan birunya laut dan omabk.

Di Hamparan pasir luas, pantai ini juga memiliki laguna yang landai dan cocok untuk digunakan bermain air. Laguna ini sangat aman untuk media bermain air bagi dewasa maupun anak-anak karena antara laguna dan laut dipisahkan dengan batu karang. Dengan begitu pengunjung dapat bermain air dengan leluasa.

Wisata pantai Jogja terletak beberapa kabupaten di Yogyakarta, mulai dari Wonosari Gunung Kidul, Kulon Progo, dan Bantul. Namun lebih banyak pantai yang dikunjungi wisatawan adalah pantai yang berada di Gunung Kidul.

Selain karena pasir putih dan pemandangan yang indah, gunung kidul memiliki lebih banyak pantai yang bisa dikunjungi. Bagi anda yang mencari  tempat wisata alam di Jogja, pantai bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk anda dan keluarga. Apabila anda tidak ingin repot-repot bisa menggunakan jasa paket wisata jogja untuk perjalanan liburan anda.