Hampir di setiap daerah di Jawa Tengah, rasanya memiliki spot-spot foto yang menarik dan memiliki sisi keunikan masing-masing. Salah satu spot selfie yang baru-baru ini sedang hits di berbagai kalangan adalah wisata selfie yang berada di kawasan XT Square Yogyakarta. Sejumlah spot-spot selfie menarik dan pertama di kawasan DIY dihadirkan di kawasan ini dan memanjakan para pecinta selfie untuk mendapatkan hasil foto yang instagramable.

Awalnya lahan kosong di kawasan XT Square ini diusulkan oleh pengelolanya menjadi sebuah taman untuk berselfie. Akhirnya, kawasan wisata selfie ini berdiri di kawasan Jalan Veteran dan diminati oleh banyak pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota. Tak heran jika akhir pekan tiba, kawasan ini akan dipadati dengan para pengunjung. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja murah.

Sekilas Mengenai XT Square

XT Square Malam Hari

Meningkatnya antusiasme masyarakat yang menyukai kawasan wisata untuk selfie agar mendapatkan hasil foto yang instagramable. Membuat para pengelola XT Square ini akhirnya memutuskan untuk menyulap sebuah lahan kosong menjadi sebuah taman selfie yang memiliki ukuran seluas 1088m2.

Baca juga, De Mata Trick Eye Museum Instagramable yang Wajib Anda Kunjungi

Pembangunan yang memakan waktu sekitar 2,5 bulan lamanya terbayar sudah dan menjadi sebuah taman yang diberi nama Selfie Park Taman Pule. Ide pembuatan taman selfie ini sendiri lahir dengan tujuan untuk menghidupkan suasana lokasi ini di malam hari. Bagi Anda yang ingin berkunjung di siang hari, maka Anda bisa menikmati museum 3D yang menghadirkan wahana, seperti D’Arca, D’Mata, dan D’Walik. Lantas, apa saja hal yang menarik di wisata ini?

Berbagai Zona di XT Square

Kawasan wisata yang menawarkan berbagai jenis wisata ini memang cukup menarik antusiasme masyarakat untuk berkunjung ke wahana wisata ini. Wisata yang terdiri dari wisata sejarah, wisata modern, dan wisata budaya menjadi satu ini cukup membuat para pengunjungnya puas karena bisa menjajal aneka wahana di satu tempat saja tanpa harus berpindah-pindah ke berbagai tempat wisata lainnya.

Bagi Anda yang penasaran, terdapat tiga zona di kawasan ini, yaitu zona kerajinan, zona nusantara, dan juga zona kuliner. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh atau belanja kerajinan, maka Anda bisa menuju ke zona kerajinan yang sangat kental dengan budaya Jogja. Namun, jika Anda ingin melihat-lihat aneka kerajinan dan oleh-oleh khas Jogja maka Anda bisa langsung ke zona nusantara. Khusus Anda yang suka sekali berburu kuliner, maka Anda bisa mendapati aneka kuliner khas Jogja di zona kuliner. Jika Anda mengira untuk menikmati wisata ini membutuhkan biaya yang besar, sepertinya perkiraan tersebut tidak tepat, karena XT Square memiliki harga tiket masuk yang cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk

Harga yang idtawarkan wisata ini masih terbilang terjangkau. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sejumlah fasilitas, seperti 3D Museum, Selfie Park, XT Line, dan lain sebagainya Anda akan dikenakan biaya tiket yang berkisar antara Rp 20.000,00 – Rp 100.000,00. Harga tersebut tentunya setara dengan aneka fasilitas dan wahana yang ditawarkan di sana.

Fasilitas yang Disediakan

Selain menawarkan sejumlah tempat selfie, kawasan ini juga menyediakan wisata belanja bagi Anda yang memang hobi berbelanja sambil travelling. Apalagi bagi pengunjung dari luar kota, maka tentu akan mampir untuk sekadar membeli oleh-oleh atau pun melihat-lihat aneka barang-barang khas Jogja. Tak hanya itu, bagi Anda yang lapar maka Anda juga bisa menemukan sejumlah kuliner khas Jogja yang memiliki cita rasa luar biasa.

Wisata XT Square Jogja

Lokasi XT Square

Lokasi wisata ini sendiri berada di kawasan yang cukup luas dan sangat strategis sehingga sangat mudah dijangkau baik bagi para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Letaknya sendiri berada di Jalan Veteran 150-151, Pandeyan, Yogyakarta.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota dan hendak berkunjung ke kawasan ini, maka Anda bisa memulainya dari stasiun jika Anda menaiki transportasi kereta api. Jika Anda turun dari Stasiun Tugu, maka Anda bisa menuju ke halte Trans Jogja Stasiun Tugu kemudian menaiki Trans Jogja line 8 dan turun di Halte Trans Jogja Ahmad Yani.  Setelah itu, Anda bisa menumpang Trans Jogja line 2A turun di halte PSKY dan menyeberang ke kawasan De Mata Trick Eye Museum.

Jika ingin lebih mudah sampai di wisata XT Square, Anda dapat menggunakan sewa mobil dan langsung menuju ke lokasi wisata menggunakan Google Map. Jika Anda datang sendiri, agar lebih hemat maka bisa memilih layanan sewa motor yang banyak ditawarkan di Jogja.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke kawasan ini, terlebih jika Anda ingin berkunjung di siang hari untuk menikmati taman selfie yang letaknya di ruang terbuka, lebih baik membawa payung atau topi agar melindungi Anda dari sengatan sinar matahari. Tak hanya itu saja, hal yang paling penting adalah jangan sampai lupa untuk membawa kamera dengan baterai penuh agar setiap momen dapat diabadikan dengan baik selama berkunjung ke kawasan wisata ini.

Baca juga, Jalan Malioboro, Wisata Belanja di Yogyakarta yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Kawasan XT Square ini memang menawarkan berbagai jenis wisata yang membuat Anda betah berlama-lama di sana. Bahkan, Anda bisa berulang kali membidik foto di satu spot yang sama untuk memastikan bahwa hasilnya sudah baik dengan angle yang pas sehingga menciptakan foto yang instagramable. Bagi Anda yang ingin berkunjung dalam waktu dekat, mungkin bisa melakukan reservasi tiket sebelumnya agar perjalanan wisata Anda jauh lebih menyenangkan dan terencana dengan baik.